CARA MEMILIH SUPPLIER UNTUK COFFEE SHOP

Mungkin pertanyaan seperti ini akan mengganggu anda pada saat akan memulai bisnis coffee shop. Bagamanakah cara mendapatkan supplier kopi yang sesuai dengan konsep coffee shop yang anda miliki? Apakah supplier tersebut dapat konsisten memenuhi setiap kebutuhan permintaan coffee shop anda?

Memilih supplier bisnis memang tidak mudah, terlebih bagi anda yang memilih menjalankan bisnis coffee shop yang membutuhkan standarisasi citarasa menu dan juga ketersediaan stock bahan baku. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama, sebaiknya anda kembali memperhatikan beberapa faktor penting dalam memilih supplier bisnis. Berikut adalah beberapa tips memilih supplier untuk Coffee Shop:

Belajar Tentang Kopi

Terjun kedalam industri kopi tidak cukup dengan hanya bermodalkan kecintaan ada terhadap kopi saja, tetapi anda juga harus mempelajari bagaimana cara membuatnya, proses apa yang dipakai supplier tersebut untuk menghasilkan biji kopi, grade kopi apa yang mereka gunakan, dan apakah hasil roastingnya konsisten.

Untuk langkah awal, anda dapat mengunjungi roastery house lokal dan mencicipi kopi mereka. Dari kunjungan – kunjungan tersebut anda dapat membandingkan hal apa saja yang anda sukai dan tidak anda sukai, dan keunggulan apa saja yang dimiliki oleh supplier tersebut.

Persiapan

Ada baiknya anda mulai memperkenalkan diri anda / brand yang anda gunakan untuk percakapan awal,  tawarkan detail visi dan misi dari coffee shop anda, siapa target pasarnya, sampaikan juga konsep coffee shop yang anda miliki. Sampaikan apa yang anda cari dan butuhkan, dan bicarakan bagaimana hubungan jangka panjang nantinya sehingga supplier dapat memutuskan apakah mereka dapat membantu penyediaan bahan bakunya untuk coffee shop anda.

Lihat Testimonialnya

Jangan tergesa-gesa dalam memilih supplier yang terbaik untuk bisnis anda. Cobalah lebih cermat dalam mencari sumber-sumber informasi terkait supplier bisnis dari web, media sosial, marketplace, dan lain sebagainya. Bila tidak ada informasi sama sekali di media sosial, cobalah meminta daftar coffee shop yang pernah bekerja sama dengan dengan supplier tersebut dan bagaimana testimonial dari coffee shop yang tertera di daftar tersebut. Cobalah untuk membuat pertanyaan dari poin-poin dibawah ini, agar dapat mengungkapkan apa yang perlu anda ketahui tentang supplier:

  • Statistik kopi: Bagaimana konsistensi rasa, kualitas, penyimpanan, pengemasan, hasil roasting, dll.
  • Frekuensi pengiriman: Untuk meninjau kesegaran produk dan juga pengaturan stock di dalam coffee shop anda
  • Reputasi: Melihat bagaimana reputasi supplier tersebut
  • Fleksibilitas: Bagaimana respons terhadap kedaruratan dan masalah ketersediaan stock bahan aku
  • Brand: Bagaimana citra produk / brand di antara pelanggan dan di industri
  • Keunggulan: Apa saja keunggulan – keunggulan supplier tersebut yang membedakan mereka dari supplier lainnya
  • Komunikasi: kemudahan untuk menghubungi supplier melalui email, telepon, dll.
  • Pelayanan: Bagaimana pelayanan dalam membantu anda dan melayanani kebutuhan bahan baku anda.
  • Harga: Apakah harga yang supplier tawarkan sesuai dengan budget anda?

Setelah mengantongi segala informasi yang anda butuhkan, anda dapat melakukan tes sederhana terkait layanan dari supplier tersebut. Mulailah uji coba order dalam jumlah kecil. Kemudian, lihat layanan yang diberikan, waktu respon mereka saat dihubungi pelanggan, dan bagaimana cara mereka menangani keluhan pelanggan.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih supplier terbaik untuk bisnis Anda. Pastikan untuk selalu memperhitungkan stok barang dengan cermat agar tidak sampai kehabisan.

Untuk kebutuhan bahan baku coffee shop, Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai bahan baku untuk Coffee Shop / Kedai Kopi anda. Kopi Arabika asli Indonesia dengan grade kopi speciality,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1.

Leave a Reply