CARA MENIKMATI KOPI BAGI PENDERITA MAAG

Kopi sudah dikenal banyak orang. Dikalangan muda, remaja dan tua banyak yang menjadi penikmat kopi. Bahkan, kopi dikenal sanggup mengusir rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi. Sayangnya, kopi juga sering dituding menjadi penyebab naiknya asam lambung dan maag kambuh. Benarkan demikian? Apa benar orang yang memiliki maag tidak boleh minum kopi sama sekali?  Kopi memang bisa merangsang produksi asam dalam lambung sehingga sangat tidak disarankan untuk minum kopi ketika perut sedang kosong.

Meski begitu, apakah benar jika kopi sama sekali tidak bisa dinikmati oleh penderita maag? Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena dengan cara yang tepat penderita asam lambung tetap bisa menikmati kopi tanpa khawatir perut sakit dan melilit.

Seduh Manual

Bagi pencinta kopi tentunya tidaklah asing dengan manual brew. Kopi yang diseduh secara manual menggunakan filter penyaring kopi. Adanya filter ini menyeleksi karakter-karakter baik dalam kopi, tidak hanya akan membuat karakter asli kopi keluar, namun juga membuat kopi menjadi lebih ringan karena proses ekstraksi. Bagi penderita asam lambung, metode seduh manual ini bisa menjadi jalan keluar yang tepat saat ingin menikmati kopi.

Meminum Olahan Kopi Segar

Para ahli kopi rata-rata memberikan saran untuk membeli kopi dari olahan biji kopi asli. Kopi yang segar biasanya tidak ada campuran lain yang masuk ke dalam bubuk kopi sehingga yang diseduh dan dinikmati adalah kopi yang sebenar-benarnya, bukan minuman lain yang dicampur dengan bubuk kopi.

Batasi Jumlah Kopi yang Dikonsumsi

Meski diperbolehkan minum kopi, bukan berarti harus mengkonsumsinya sesuka hati, semuanya harus sesuai batasan dan aturan. Menurut penelitian, batas aman konsumsi kafein setiap harinya adalah 100-200 mg saja atau di bawah 300 mg. Pada segelas kopi, biasanya mengandung 100 mg kafein. Oleh sebab itu dalam sehari idealnya meminum kopi cukup 1-2 gelas saja. Meski begitu, setiap orang memiliki batas toleransi kafein yang berbeda-beda. Sehingga harus tetap memahami kondisi tubuh masing-masing, seberapa banyak batasan jumlah kafein yang bisa masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya lakukan pengukuran kemampuan menyerap kafein pada tubuh sendiri agar tahu batas minimal dan maksimalnya. Terutama bila Abdi Kopi merupakan penderita asam lambung.

Minum Kopi Setelah Makan

Bagi pencinta kopi seringkali tak mengenal waktu untuk menyecap nikmat dan wanginya seduhan bubuk kopi. Ketika hati menginginkan maka segelas kopi rasanya harus segera disajikan. Namun kebiasaan ini sebenarnya tidak baik. Kopi yang masuk ke dalam lambung yang kosong akan membuat asam lambung meningkat hingga menimbulkan perut melilit atau rasa mual karena asam lambung akan naik hingga kerongkongan. Alangkah baiknya untuk mengkonsumsi kopi setelah makan, minimal satu jam setelah makan. Bisa juga minum kopi dibarengi dengan melahap makanan ringan.

Pilih Kopi Rendah Kafein

Sudah menjadi rahasia umum apabila kandungan kafein dalam kopi arabika lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi Robusta. Selain itu kadar acidity arabkca juga lima puluh persen lebih rendah dari Robusta. Oleh sebab itu kopi arabica adalah pilihan yang tepat bagi penderita maag agar perut tetap nyaman.

Selain itu pilih kopi yang waktu pemanggangannya tidak terlalu lama karena semakin pekat warna hitam kopi, kafein pun semakin tinggi. Jenis kopi berkafein rendah lainnya yang bisa jadi pilihan ialah kopi hijau. Meski berkafein rendah namun tetap nyaman untuk dinikmati.

Bagi anda yang ingin mencoba Kopi Arabika,  Coffeeland menyediakan  Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

 

Source: 1.

Leave a Reply