CHARCOAL LATTE, SENSASI MENEGUK LATTE ARANG

Masyarakat Indonesia termasuk dalam orang-orang yang menggemari kopi. Banyaknya varian kopi di tanah air yang memiliki rasa yang sangat luar biasa menjadi salah satu penyebabnya. Tak jarang banyak orang yang sengaja mencari kopi khas suatu daerah jika sedang berkunjung ke daerah tersebut. Salah satu jenis kopi yang cukup unik dan bahkan menjadi simbol suatu daerah adalah kopi arang.

Kopi arang adalah jenis minuman kopi yang cukup unik dan fenomenal. Minuman ini diracik seperti kopi pada umumnya. Setelah seduhan kopi sudah disiapkan di dalam sebuah gelas atau cangkir, kopi tersebut kemudian dimasukkan arang. Arang yang dimasukkan ke dalam kopi juga bukan sembarangan arang. Penjual kopi arang ini biasanya memesan arang khusus yang dianggap sudah cukup bersih dan aman untuk dicampurkan dengan kopi.

Arang / charcoal saat ini sedang menjadi tren. Mulai dari burger, wafel, es krim, sampai yang terbaru, latte charcoal, masih mampu membuat masyarakat tertarik. Latte biasanya terbuat dari kopi dan susu. Kali ini, bahan kopi diganti dengan arang. Dimulai dari beberapa kafe di Inggris dan Australia, charcoal latte kini bisa ditemukan di Indonesia.

Active charcoal, atau arang aktif, ternyata bisa dikonsumsi. Lebih dari itu, bahan ini menyerap zat berbahaya dari dalam tubuh dan dibuang melalui kotoran. Arang tersebut biasanya dibuat dari batok kelapa, kayu bambu, juga kulit gandum yang dibakar.

Dengan warna hitam keabuan dari paduan arang aktif dan susu, charcoal latte ini disajikan hangat dan pastinya telah melalui uji standar agar aman dikonsumsi. Banyak yang berpendapat, bahwa arang aktif bisa berfungsi sebagai anti-inflamasi dan obat sakit perut. Charcoal berwarna hitam ini juga dipercaya bisa memulihkan mabuk minuman dan digunakan sebagai detoks. Tidak ada dampak negatif dari charcoal, hanya zat dalam arang aktif tersebut akan mengikat vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B1, dan vitamin B7. Sehingga, nutrisi tersebut sedikit-banyak bisa menghilang jika dimakan bersamaan dengan charcoal aktif.

Source: 1.

Leave a Reply