DIET RENDAH KARBOHIDRAT DENGAN KOPI MENTEGA

Kopi sudah lama disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dari menghilangkan kantuk, meningkatkan energi, metabolisme, dan konsentrasi, hingga mengurangi risiko terkena kanker dan diabetes. Dengan catatan, kopi harus dikonsumsi tanpa tambahan susu, gula, atau pemanis lain. Saat ini, ada saran lain untuk memberi manfaat kopi sebagai pengikis lemak khususnya di area perut, yaitu dengan menambahkan mentega dan minyak khusus. Manfaatnya antara lain menurunkan berat badan dengan cepat dan meningkatkan energi dan kesehatan mental.

Dave Asprey, seorang pengusaha asal Amerika Serikat, menjadi pelopor adanya ide diet dengan mengonsumsi bulletproof coffee (kopi mentega). Dia terinspirasi dari budaya masyarakat Tibet yang gemar meminum po cha, sajian minuman berupa teh mentega yang dibuat dari susu yak. Dave Asprey kemudian membawa minuman tersebut ke Amerika dan mulai meracik minuman dalam versinya sendiri. Dia membuat kopi yang dicampur dengan mentega tawar dan minyak kelapa jenis medium-chain triglycherides (MCT). Menurut Asprey, kopi berfungsi mendongkrak metabolisme, sedangkan minyak memaksa tubuh untuk membakar lemak, sehingga mampu melunturkan lemak perut. Hingga kini, ia mengaku berat badannya sudah turun 44 kilogram.

Namun perlu diingat bahwa secangkir kopi Bulletproof (kopi mentega) ini mengandung 500 kalori dan sekitar 51 gram lemak (di mana lebih dari 70 persennya adalah lemak jenuh), sehingga sangat berbahaya untuk kesehatan.

Meskipun mengandung 500 kalori, kopi mentega tidak mengandung karbohidrat sehingga tubuh tidak memicu respons insulin yang memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan lemak. Kopi mentega ini hanya membakar lemak yang tidak berguna bagi tubuh, dan itu hanya terjadi jika Anda mengonsumsinya tanpa tambahan karbohidrat, kata Dr Trudi Deakin, konsultan National Health Service yang menangani pencegahan dan penanganan diabetes.

Orang yang memiliki kolesterol tinggi juga perlu berhati-hati. Karena, mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuhnya justru bisa menambah berat badan, meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Jika Anda mengonsumsi kopi mentega, pastikan menu makanan yang lain benar-benar rendah karbohidrat seperti dua porsi sayuran hijau. Kopi mentega juga tidak meningkatkan fungsi otak ataupun menambah energi. Malahan, perut Anda mungkin akan terasa mual dan kembung.

Tapi, jika anda bosan dengan rasa kopi hitam biasa dan ingin sedikit perubahan. Mengapa tidak mencobanya? Berikut kami sertakan resep kopi mentega yang bisa anda racik sendiri di rumah.

RESEP KOPI MENTEGA

Source

Yang Anda butuhkan:

  • 240 ml air
  • 2 1/2 sdm kopi hitam bubuk pilihan Anda
  • 1 sdt minyak MCT atau minyak kelapa (minyak kelapa mengandung MCT alami)
  • 1 sdm grass-fed, unsalted butter

Cara membuat:

  • Seduh kopi seperti biasa atau difilter jika anda memiliki mesin filter kopi.
  • Masukkan semua bahan dalam blender selama 20 detik sampai kopi berbusa (seperti kopi tarik) dan tak ada lagi jejak minyak dan butter yang tampak di permukaan. Sajikan segera.

 

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Kami juga menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

Leave a Reply