Pengetahuan tentang perkebunan kopi saat ini masih bisa dibilang belum banyak orang mengetahuinya. Hal ini dikarenakan sebagian masyarakat mulai banyak yang lebih tertarik dengan dunia di luar pertanian seperti mesin atau teknologi misalnya. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai fakta yang ada di kebun kopi.

Kopi merupakan komoditi yang saat ini tengah eksis di kalangan masyarakat Indonesia. Sebelum menjadi kopi yang siap petik, ada beberapa hal yang mungkin dari sebagian kita belum mengetahui tentang apa yang ada di kebun kopi. Kebun kopi tidak hanya melulu tentang lahan yang ditanami oleh beberapa pohon kopi dan dilakukan perawatan seperti tumbuhan lainnya. Lebih luas dari itu, kebun kopi ternyata secara umum dimiliki secara perorangan oleh petani Indonesia. mungkin memang ada kebun kopi yang dimiliki oleh perusahaan, tetapi mayoritas kopi di Indonesia ditanam dan dipetik sendiri oleh petani.

Source

1. Perawatan Kopi Yang Kompleks

Seperti yang kita ketahui, bahwa petani di Indonesia pada dasarnya memiliki lahan yang bisa dibilang kecil, sehingga dalam mengelola lahan perkebunan kopi tersebut sering kali dilakukan sendiri oleh mereka tanpa harus memperkerjakan orang lain. Perawatan kebun kopi tidak semudah yang dibayangkan. Maka dari itu setiap kopi yang kita nikmati sebenarnya berasal dari peluh kerja keras petani di Indonesia. dengan alasan ini diharapkan untuk tidak kembali membuang-buang kopi yang anda nikmati ya.

2. Melalui Proses  Yang Panjang

Terdapat perjalanan panjang mulai dari penanaman bibit kopi, perawatan dalam pertumbuhannya, bahkan sampai proses pemetikan. Setelah proses pemetikan pun kopi tidak langsung bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minuman, masih banyak proses yang harus dilalui seperti proses semi-washed, wash, natural ataupun honey. Fakta selanjutnya yang berkaitan dengan kebun kopi yaitu perkebunan kopi ada yang dimiliki oleh badan usaha koperasi. Jadi petani-petani kopi tersebut bersatu membentuk koperasi sehingga tujuannya bisa menguatkan bargaining position dalam penjualan dan tawar menawar dengan peruahaan pengolahan kopi.

3. Tidak Semua Lahan Cocok Untuk Budidaya kopi

Fakta ketiga yaitu tidak semua perkebunan kopi ditanam di kondisi lahan yang sama. Kopi memang bagus ditanam di lahan yang ada di dataran tinggi, tetapi dataran tinggi memiliki medan yang berbeda pula. Ada yang curam sehingga susah dilalui, ada pula yang cenderung landai sehingga lebih mudah digunakan sebagai perkebunan. Sehingga secara garis besar, dalam setiap kali panen banyak petani yang harus mempertaruhkan nyawa demi menghasilkan kopi yang bisa kalian minum.

4. Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi

Source

Hal menarik yang mungkin belum terpikirkan oleh sebagian dari anda yaitu bahwa ketika kopi diambil bijinya, ada elemen yang terbuang dan bisa disebut limbah, yaitu kulit kopi. Namun, kulit kopi ternyata tidak dibuang begitu saja lho, bagi pemilik kebun kopi yang kreatif mungkin bisa membuat produk turunan yang memanfaatkan kulit kopi menjadi produk lain sehingga kata lainnya limbah kulit kopi dapat didaur ulang. Misalnya produk yang dihasilkan dari kulit kopi seperti bahan bakar maupun seloso dan cascara.

 

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Kami juga menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

 

 

Source: 1, 2.

Leave a Reply