HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN SEBELUM MEMBELI KETTLE UNTUK SEDUHAN KOPI

Source

Untuk mendapatkan secangkir kopi istimewa memang tidaklah mudah namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Selain mengenal lebih dekat tentang biji kopi yang akan digunakan, rasio perbandingkan kopi dan air seduhan, gilingan kopi dan metode seduhan, masih ada satu rahasia untuk memperoleh secangkir kopi yang nikmat yakni lewat ekstraksi kopi dan salah satu hal yang dibutuhkan adalah jenis kettle untuk menyeduh kopi.

Kettle terbaik untuk menyeduh kopi tidak hanya sekedar kettle yang memiliki penampilan bagus, namun juga butuh banyak pertimbangan. Kettle goosneck biasanya dipakai untuk menyeduh kopi di rumah atau juga sering digunakan pada kedai kopi. Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan  cara memilih kettle untuk menyeduh kopi dengan baik. Pilihlah kettle kopi yang sesuai dengan cita rasa kopi anda inginkan dan bagaimana anda ingin mengolahnya pada kettle kopi tersebut. Dengan begini, anda dapat menggunakan kettle kopi layaknya seorang barista profesional.

Secara umum, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sewaktu memilih kettle kopi adalah kapasitas kettle, material bahan yang digunakan, dan keunikan pada kettle kopi tersebut. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat anda ingin membeli sebuah kettle kopi.

Pilih cerek sesuai dengan kebutuhan

Bentuk cerek dapat berperan dalam mengatur jumlah air panas yang anda tuangkan pada cangkir kopi. Pilihlah cerek yang sesuai dengan tingkat air panas yang ingin anda dapatkan pada kopi kesukaan anda.

Sebagai pemula, anda harus dapat mengendalikan dengan mudah jumlah air panas yang anda tuangkan. Kettle kopi dengan cerek yang sempit memiliki ruang kapasitas yang konsisten pada bagian lehernya sehingga anda dapat menuangkan air panas secara perlahan, untuk mendapatkan rasa kopi yang sesuai dan konsisten.

Untuk dapat mengetahui jumlah air panas yang tersisa pada kettle dan untuk lebih mudah mengetahui tingkat kemiringan kettle pada saat menuangkan air, pilihlah kettle dengan cerek yang sempit dan memiliki ujung yang tajam, seperti bentuk jarum suntik.

Bagi anda yang sudah berpengalaman, pilihlah kettle yang dapat mengeluarkan air panas dalam jumlah yang lebih banyak dan dapat anda kendalikan jumlahnya dengan memiring-miringkan kettle tersebut. Kettle kopi ini memiliki cerek seperti leher burung pelikan, dimana ukuran cerek pada bagian bawahnya lebih tebal. Walaupun lebih sulit untuk dikendalikan, kettle kopi ini dapat membuat kopi yang ringan dan kopi tubruk. Ketinggian leher cerek yang berbeda pun menjadi pertimbangan yang baik pada saat anda memilih kettle kopi.

Pilih sesuai kapasitas yang dibutuhkan

Untuk memilih ukuran kettle kopi yang sesuai, pilihlah kapasitas kettle kopi sesuai dengan jumlah kopi yang sering anda buat. Kalau anda sering menyajikan satu sampai dua cangkir kopi, pilihlah kettle kopi dengan kapasitas 700 ml atau yang lebih kecil. Bagi anda yang sering membuat tiga sampai empat cangkir, pilihlah kettle kopi dengan kapasitas sebesar 1 liter.

Kettle kopi dengan kapasitas yang lebih besar tentu saja lebih berat sehingga anda lebih susah untuk mengendalikan jumlah air yang dituang. Maka dari itu, perhatikanlah jumlah kapasitas kettle kopi. Apabila anda tidak dapat mengendalikan kettle kopi dengan baik, ada kemungkinan air panas dan cerek akan menimpa saringan serta kopi yang sudah anda tuang.

Pilih Material kettle berdasarkan ketahanan panasnya

Secara garis besar, bahan dasar kettle terbuat dari tiga jenis material, yaitu stainless steel, tembaga, dan enamel. Ketika anda memanaskan kopi langsung di atas api, pilihlah kettle dengan bahan dasar stainless steel karena bahan ini adalah penghantar panas yang baik.

Bahan dasar enamel tidak baik untuk menghantarkan panas, karena itu kettle dengan bahan dasar enamel direkomendasikan untuk anda yang suka menyeduh kopi dengan kapasitas banyak secara perlahan. Bahan dasar tembaga adalah bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik tetapi sulit untuk dibersihkan. Perhatikanlah jenis kompor anda sebelum membeli kettle kopi pilihan anda, apakah itu kompor gas, kompor listrik, atau kompor induksi. Bahan material kettle kopi pilihan anda harus dapat digunakan pada kompor anda.

Pilih pegangan kettle yang nyaman

Pilihlah kettle kopi dengan pegangan yang sesuai dan nyaman pada genggaman tangan anda. Ketika anda menuangkan air panas, anda seperti menggantungkan kettle pada tangan anda. Apabila anda tidak memegangnya dengan baik, tangan anda bisa merasa tidak nyaman dan air panas tidak tertuang dengan baik pada tempatnya.

Pegangan kettle kopi yang tahan panas adalah pilihan yang baik. Pilihlah pegangan yang sudah didesain agar tidak menghantarkan panas, seperti pegangan yang terbuat dari bahan kayu, plastik, atau besi yang dapat dilepas dari kettle.

Pilih kettle yang memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan anda

Pada saat ini, kettle kopi yang memiliki berbagai macam fungsi sudah banyak dijual di pasaran. Kettle listrik dapat anda gunakan dengan praktis di berbagai tempat. Kettle dengan termometer dapat membantu anda mengetahui suhu air panas dengan lebih mudah. Kettle dengan pengendali suhu juga dapat digunakan oleh anda yang ingin menyeduh kopi dengan suhu tertentu secara spesifik. Desain kettle yang baik adalah kettle yang dapat dengan mudah anda bersihkan setiap hari. Pilihlah kettle kopi yang memiliki fungsi yang sesuai dengan pilihan dan kebutuhan anda.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

Leave a Reply