HARGA KOPI MAHAL, APA PENYEBABNYA?

Kebiasaan minum kopi saat ini sedang menjadi tren di tengah masyarakat. Kedai-kedai kopi menawarkan berbagai jenis kopi yang secara harga dan rasa berbeda. Berbicara soal harga, apa yang membuat suatu jenis kopi itu mahal?


Biaya Produksi

Dalam menanam kopi, petani butuh banyak biaya agar dapat menghasilkan kopi yang berkualitas. Dari beberapa jenis kopi, ada yang waktu panennya lama dan ada pula yang perawatannya khusus agar dia tidak rusak. Belum lagi serangkaian panjang proses pascapanen. Ada upah yang harus dibayarkan kepada pekerja, dan belum lagi dihitung jika panennya gagal.

Perjalanan ‘Biji Hijau’

green bean yang selesai di proses ini kemudian bertemu para green buyer. Di sini tidak jarang para green buyer dari berbagai penjuru harus melakukan perjalanan ke perkebunan kopi. Tentu ada cost-nya lagi. Kopi-kopi istimewa juga dilelang dan yang terbaik dan mendapat nilai tinggi tentu saja harganya juga melambung.

Sangrai

Tidaj semua pelaku bisnis kopi memiliki mesin sangrai. Pun investasi mesin sangrai tidak murah juga. Jika sebuah kedai kopi memiliki mesin sangrai sendiri tentulah dia bisa memangkas biaya penyangraian. Lalu bagaimana jika kedai kopi tersebut tidak punya mesin sangrai? Otomatis dia harus beli dari ‘tangan ketiga’ dan harganya sedikit lebih tinggi dari mereka yang menyangrai sendiri.

Pada saat meracik kopi

Pernahkah anda merasa bahwa seketika jatuh cinta pada kedai kopi bahkan anda belum mencicip kopinya? Ruangan nyaman, sejuk dengan pernak-pernik menawan hati. Semua itu ada tanpa cuma-cuma. Kedai kopi bukan hanya sekedar secangkir Americano yang tampak murah.

Perhatikan mesin kopi di coffee bar, seperangkat alat kopi di coffee bar itu harganya hampir sama dengan beberapa mobil baru. Jadi jika secangkir kopi harganya mahal dan anda keberatan membayar mungkin anda harus mulai seduh kopi dirumah dengan berinvestasi alat kopi.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan  Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

 

Source: 1

Leave a Reply