APA SEBENARNYA KOPI SINGLE ORIGIN ITU?

Bagi pecinta kopi pastinya sudah tidak asing lagi dengan kopi single origin. Namun bagi seseorang yang  awam akan kopi, pastinya bertanya-tanya apasih kopi single origin itu? apakah kopi hitam dengan rasa yang pahit?

Bila kita menguji beberapa orang dengan meletakkan berbagai macam seduhan kopi single origin di ats meja, pastinya bagi yang

belum mengenal kopi seduh manual akan menganggapnya semua kopi itu sama. Berbeda, jika kopi tersebut diberikan kepada mereka yang sudah terbiasa dengan manual brewing. Setiap cangkir akan terasa tak sama meski warnanya serupa. Itulah menariknya single origin yang akan kami bahas ini.

Penjelasan sederhananya, single origin adalah asal mula, atau tempat pertama kopi itu berasal. Umumnya, single origin mengacu kepada satu wilayah, tempat, atau daerah spesifik dan tak bisa direkayasa. Sementara kebalikan dari single origin adalah (kopi) blend yang juga banyak digemari. Kopi blend adalah jenis yang mengombinasikan biji kopi dari berbagai area berbeda untuk mendapatkan citarasa yang diinginkan.

Single origin berarti wilayah kopi itu berasal

Seperti penjelasan diatas, bahwa single origin berarti wilayah dimana kopi itu berasal. Ada cukup banyak Negara di dunia ini yang menghasilkan kopi sehingga jika ditanya “itu kopi apa?” dan hanya dijawab “kopi Arabika” tentunya tidak akan relevan lagi di jaman yang serba spesifik ini. Single origin di sini “berfungsi” untuk menyempitkan asal dan varietal kopi-kopi yang ragamnya luar biasa banyak itu untuk membuatnya spesifik, khas, dan partikular. Dengan kata lain, single origin dalam hal ini berbicara tentang area, wilayah atau daerah khusus yang digunakan sebagai tempat menanam kopi itu. Kopi Gayo (Atu Lintang), Sidikalang, Jawa Barat (Andung Sari) , Flores (Manggarai), atau Papua (Wamena) adalah beberapa contohnya. Selain area, single origin juga bisa berasal dari satu pertanian khusus atau daerah yang berada di sekitar areal pertanian kopi tersebut. single origin pun bisa juga berasal atau mengacu kepada koperasi dimana kopi itu dikumpulkan dan diolah. 

Mengapa harus kopi single origin?

Jawaban singkatnya karena kopi itu pada dasarnya jauh lebih nikmat jika dicicipi sebagaimana adanya. Setiap kopi memiliki karakter masing-masing yang membuatnya unik dan menarik dan single originadalah cara yang bisa membuat kita menikmati keunikan dari masing-masing karakter kopi tersebut.

Selain itu, para petani kopi juga –setidaknya– akan terkena imbas positifnya juga. Kopi-kopi single originumumnya diolah dengan serangkaian proses yang memerhatikan standar tertentu. Kalau peminatnya banyak, maka petani kopi pun jadi ikut “bersemangat” dalam mengusahakan kopinya berkualitas. Beberapa wilayah penting penghasil kopi di Indonesia beberapa tahun terakhir sudah mulai tanggap dan peduli untuk memproses dan mengolah kopi mereka (dengan benar), mesji jumlahnya tidak sebanyak Negara penghasil kopi lainnya.

Meskipun begitu, semoga di masa yang akan datang perindustrian kopi Indonesia semakin berkembang dan dapat menjadi Negara penghasil kopi yang dapat diperhitungkan oleh dunia.

Untuk pemesanan kopi supaya kegiatan seduh kopi dirumah anda tetap berjalan lancar. Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai varian kopi nusantara seperti Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi dan pembelian dapat menghubungi team marketing kami.

  

Sumber: majalahotten.com

 

 

 

 

 

Leave a Reply

WhatsApp chat