BERAPA USIA IDEAL UNTUK MULAI MENGONSUMSI KOPI?

Seiring dengan menjamurnya kedai kopi modern dan banyaknya kopi kemasan yang terjangkau, banyak anak-anak kini mudah mengonsumsi kopi sebagai minuman favorit mereka. Tak heran jika angka konsumen kopi muda meningkat sekarang.

Badan Keamanan Pangan di Australia, misalnya, melaporkan lebih banyak anak dan remaja yang mengonsumsi kopi secara teratur. Lebih mengkhawatirkan lagi, dalam persentase kecil anak usia dua sampai tiga tahun tercatat sudah meminum kopi.

Manfaat minum kopi bagi kesehatan memang sudah banyak diteliti. Minum kopi dalam cara dan dosis yang tepat, dipercaya memberikan manfaat yang luar biasa untuk keseatan jantung dan otak.  Selain anak-anak, orang dewasa pun juga bisa merasakan berbagai manfaat dan efek samping minum kopi.

Pada orang dewasa, risiko yang bisa terjadi antara lain seperti diare, sakit perut, sulit tidur, dan kegelisahan.

Sedangkan pada anak yang boleh minum kopi, ada kemungkinan ini juga bisa memengaruhi tumbuh kembang serta kondisi kesehatannya kelak. Karena anak-anak membutuhkan waktu tidur cukup yang cukup terutama di masa kecil. Dengan konsumsi kafein di kopi yang membuat anak sulit tidur, keharusan anak untuk tidur 10 jam tidur per malam bisa kacau. Akibatnya, ini bisa mengganggu tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Standar Makanan Australia Selandia Baru (FSANZ) tidak memiliki standar panduan berbasis kesehatan yang diakui untuk konsumsi kafein. Namun, mereka mencatat adanya potensi kecemasan akibat konsumsi kopi pada anak-anak dengan dosis konsumsi 3 mg kafein per kilogram berat badan, per hari.

Ahli diet Amanda Clark, merekomendasikan agar konsumsi kopi sebaiknya tidak dilakukan anak sampai usia 16 sampai 18 tahun.

Jadi, berapa banyak kadar kopi yang boleh dikonsumsi jika orangtua mengizinkan anak minum kopi? Sekitar 1,5 cangkir standar kopi instan kira-kira berisi 95mg kafein.

Namun, alangkah baiknya jika Anda mengkonsultasikan lebih lanjut mengenai status gizi anak dengan dokter. Anda juga bisa menanyakan lebih lanjut mengenai asupan kafein yang aman untuk anak.

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

Source: lifestyle.okezone.com