HINDARI KEBIASAAN NGOPI INI SELAMA PUASA!

Rutinitas minum kopi menjadi hal yang harus dilakukan setiap hari, meskipun di bulan puasa seperti saat ini. Ada beberapa orang yang beranggapan, bulan ramadhan tidak megganggu rutinitas ngopi mereka. Biasanya mereka melakukan rutinitas ngopi saat sahur, sehabis berbuka dan setelah melaksanakan shalat terawih. Semua tergantung kebiasaan dan kondisi tubuh masing-masing.

Namun, tidak semua beranggapan seperti itu, ada yang justru mengalami gangguan kesehatan, seperti masalah pada lambung, insomnia dan cemas saat bulan puasa.  Lalu hal apa yang harus dihindari agar rutinitas ngopi tidak menggangu kesehatan dan ibadah kita selama bulan ramadhan?

Hindari konsumsi kopi yang berlebih

Saat berpuasa tubuh kita mengalami perubahan kondisi, tidak sama seperti hari-hari sebelum puasa. Jadi ketika anda minum kopi, kandungan kafein pada kopi akan mempengaruhi ketahan tubuh anda. Jika anda mengalami kondisi tubuh yang tidak menyenangkan setelah ngopi, anda perlu memperhatikan kadar kefein kopimu.  Jika sudah mengurangi konsumsi kopi, coba anda lihat apakah setelah melakukan pengurangan kadar kafein pada kopimu anda lebih baik atau tidak, jika tidak mungkin ada hal lain yang bermasalah pada kondisi tubuh anda.

Hindari waktu ngopi yang tidak tepat

Puasa mengubah rotasi waktu kita, dimana subuh dini hari harus bangun dan makan. Menjelang petang atau waktu berbuka makan juga. Hal ini sudah pasti mengubah jadwal ngopi kita, Jika anda biasa ngopi di pagi hari, kini harus diganti di waktu subuh. Namun, ada yang beranggapan jika ngopi di saat sahur membuat tubuh dehidrasi.  Ada juga yang ngopi disaat waktu berbuka, mereka baik-baik saja, sedangkan orang lain justru insomsia jika melakukan ini. Semua ini kembali lagi terhadap konsisi tubuh masing-masing. Anda perlu memerhatikan jadwal ngopi terbaik agar tidak mengganggu kesehatan dan ibadah di puasa!

Hindari menambahkan sesuatu pada kopi

Tambahan disini maksudnya susu, gula atau pemanis lainnya. Selama bulan puasa ini, hindari menambahkan sesuatu pada kopi yang bisa berefek tidak baik bagi kesehatan, seperti gula dan pemanis lain yang mengandung asam yang tinggi. Tidak semua yang mengkonsumsi kopi dengan tambahan pemanis lain mengalami hal yang tidak menyenangkan. Dengan kata lain perhatikan kondisi tubuh anda.

Terkait kopi single origin, Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai macam kopi arabika : Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App.

 

  

 

Sumber: majalahotten.com

 

Leave a Reply

WhatsApp chat