HAL TENTANG KOPI YANG SELAMA INI DINGGAP BENAR, PADAHAL BELUM TENTU

Kopi sering sekali menjadi pilihan di pagi hari sebagai minuman penambah semangat. Namun sayangnya, ada beberapa hal yang selama ini dianggap benar tentang kopi, ternyata pada kenyataannya salah. Penasaran hal apa saja yang selama ini kita anggap benar tentang kopi? Yuk simak artikel berikut!

Orang diabetes tidak boleh minum kopi

Percaya atau tidak, minum lebih banyak kopi mengurangi risiko terkena diabetes. Menurut Roxana Ehsani, ahli gizi, risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 berkurang 7 persen setiap minum 1 cangkir kopi per hari.

“Orang yang memiliki risiko diabetes tinggi harus mempertimbangkan menambahkan secangkir kopi sehari-hari. Bahkan kopi tanpa kafein memiliki efek pengurangan diabetes yang sama.” Ujarnya.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah jika Anda memesan secangkir kopi dengan tambahan gula, sirup dan krim, karena dapat membuat kopi tersebut menjadi jadi tidak sehat. 

Kopi instan tidak ada manfaatnya 

Banyak orang percaya bahwa kopi instan, karena cara pemrosesannya, kehilangan senyawa bermanfaat alami kopi. Kopi dikaitkan dengan pasokan antioksidan yang melimpah, sementara kopi instan mungkin tidak memiliki konsentrasi setinggi kopi yang diseduh, tapi antioksidan tersebut masih ada.

Mengonsumsi kopi membuat dehidrasi 

Ya, kopi sedikit diuretik… namun, karena ini adalah cairan, efek diuretik diimbangi dengan jumlah air yang dikandungnya. Selain itu, dalam studi yang diterbitkan di PLOS One, peneliti mengamati darah dan urine peserta yang minum kopi atau air dalam jumlah yang setara selama tiga hari dan tidak menemukan perbedaan yang signifikan dalam tingkat hidrasi.

Dilarang minum kopi sebelum olahraga 

Kopi adalah peningkat kinerja, juga dikenal sebagai bantuan ergogenik. Dengan menambahkan kafein sebelum atau selama latihan, atlet dapat melihat peningkatan kinerja fisik dan mental. “tlet juga mungkin memperhatikan penurunan rasa sakit dan persepsi kelelahan selama latihan, penurunan tenaga, peningkatan kinerja dalam latihan intensitas tinggi, bahkan peningkatan kemampuan untuk fokus dan berkonsentrasi.

Sebelum memutuskan untuk minum satu atau dua cangkir kopi sebelum pertandingan, perlombaan, atau acara besar, pastikan untuk mengujinya terlebih dahulu.

Aturan praktisnya adalah mengonsumsi 2-6 miligram kafein per kg berat badan, jadi untuk orang seberat 150 pon 1 hingga 3 cangkir kopi diseduh 1 jam sebelum aktivitas. 

Kopi tidak ada nilai kalorinya

Kopi hitam memiliki sekitar 1 kalori per cangkirnya. Oleh karena itu, masalahnya bukanlah kopinya, tapi apa yang ditambahkan ke dalamnya sajian kopi Anda.

Kopi dapat merusak kesehatan

Secangkir kopi ternyata sarat akan nutrisi sehat. Kopi mengandung antioksidan, kalium, niasin, dan magnesium. Ada banyak sekali penelitian yang menerangkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko dari beberapa jenis kanker, penurunan risiko diabetes tipe 2, penurunan risiko penyakit metabolik, risiko penyakit hati, risiko penyakit Parkinson, depresi, dan penyakit Alzheimer.

Demikian adalah hal yang selama ini dianggap benar tentang kopi, ternyata pada kenyataannya salah. Dengan mengetahui beberapa fakta tentang kopi ini tentunya dapat membuat pengetahuan Anda tentang kopi menjadi bertambah.

Pastikan untuk selalu mengonsumsi kopi yang berkualitas dan terjaga kesegarannya hanya di Coffeeland Indonesia, karena Coffeeland Indonesia menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melalui nomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

Source: cantik.tempo.co

Featured Image: pinterest.com