BERBAGAI PILIHAN MENU BERBASIS ESPRESO

Ketika mengunjungi Coffee Shop, pastinya Anda akan menemukan mesin espresso. Espreso adalah jenis kopi yang berasal dari italia. Espresso dihasilkan dengan cara mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso adalah inti/dasar untuk menu minuman berbasis kopi.

Saat ini ada banyak sekali berbagai pilihan menu berbasis espresso yang dapat divariasikan dengan sirup, whipped cream, susu, ataupun powder minuman. Berikut ini adalah beberapa menu berbasis espresso yang harus Anda ketahui:

Espresso

Espreso merupakan salah satu jenis racikan minuman kopi yang mulai dikenal di Italia. Espresso, sesuai namanya berarti kopi yang disajikan dengan cepat kepada pembeli Espresso dibuaat dengan mesin brewing khusus. Mesin pembuat espresso tersebut ditemukan oleh orang Italia yang bernama Luigi Bezzera pada tahun 1901. Cara membuatnya adalah biji kopi diletakkan di dalam mesin brewing, lalu air dialirkan dengan tekanan tinggi. Akibatnya ekstrak kopi ikut keluar bersama air.

Cappuccino

 

Cappuccino adalah salah satu jenis racikan kopi yang digemari di dunia. Racikan kopi ini mempunyai 3 komponen utama yaitu susu, espresso dan busa. Ciri khas dari racikan ini adalah adanya dengan tebal sekitar 2 cm pada bagian permukaannya, serta terdapat taburan coklatnya.

Americano

Racikan Americano bisa menjadi salah satu pilihan bagi para penikmat kopi yang tidak tahan dengan efek kopi yang kuat. Rasa kopi pada racikan ini tidak terlalu kuat karena tambahan air panas yang banyak. Biasanya Americano disajikan dalam porsi/gelas yang besar

Macchiato
Macchiato merupakan espresso yang ditambah dengan sedikit susu (steam milk) tanpa diaduk tapi terlihat seperti diendapkan dibagian atas espresso agar melapisinya. Ada dua macam jenis macchiato yaitu espresso macchiato dan latte macchiato. Jika espresso macchiato adalah segelas espresso yang dituangi sedikit susu, maka latte macchiato adalah sebaliknya yaitu segelas susu yang ditambah sedikit espresso.

Frappe

Racikan kopi ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Frappe terbuat dari kopi instan, air, gula dan es batu. Racikan kopi ini pertama kali diciptakan oleh Dimitrios Vakondios pada September 1957.

Frappuccino

Istilah frappuccino berasal dari kombinasi antara frappe dan cappuccino. Frappe sendiri adalah istilah untuk milk shake yang kental. Racikan frappuccino ini diciptakan oleh Coffe Conection di Boston, kemudian hak cipta frappuccino di beli oleh Starbucks.

Mochaccino
Nama mocca berasal dari sejenis kopi asli dari Mocha, Yaman. Racikan mochaccino berasal dari campuran espresso dengan coklat dan susu. Target dari racikan mochaccino adalah para pecinta kopi yang juga menyukai coklat.

Caffè Latte

Latte berasal dari bahasa Italia yang berarti susu, namun racikan kopi ini populer di Amerika. Racikan kopi ini memadukan antara espresso dan susu. Sebagian barista berkata kalau perbandingan antara kopi dan susunya adalah 3:1, dan sebagian yang lain 4:1. Intinya adalah jumlah kopi yang digunakan adalah lebih banyak dari susu. biasanya para barista menjadikan busa dipermukaannya sebagai karya seni dengan menggambar suatu objek tertentu.

Flat White
Racikan flat white adalah salah satu jenis racikan kopi yang berasal dari Selandia baru dan Australia. Racikan kopi ini disajikan dengan tambahan susu (steamed milk) dibagian bawah pitcher ke sigle dan biasanya disajikan dalam gelas yang besar.

Long Black

Long black merupakan racikan kopi yang terkenal di Australia. Racikan kopi adalah espresso encer yang dibuat dengan menuangkan espresso diatas air yang panas. Ingat, urutannya adalah air panas lalu espresso. Bahan biji kopi yang digunakan dalam racikan ini biasanya adalah biji kopi asal Ethiopia (Arabica) dan Sumatera.

Itulah beberapa pilihan menu berbasis espresso yang dapat kami rangkum untuk Anda. 

Untuk kebutuhan bahan baku coffee shop, Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai bahan baku untuk Coffee Shop / Kedai Kopi anda. Seperti kopi arabika nusantara, coffee house blend, berbagai varian powder minuman, dan berbagai varian sirup untuk campuran minuman. dan kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 81juta hingga 128,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami melalui nomor What’s App 087825958155.