EFEK KOPI PADA MOOD SESEORANG

Tidak sedikit orang yang  berpandangan negatif terhadap kopi dari sisi kesehatan–misalnya dihubungkan dengan resiko penyakit jantung dan kanker. Tapi benarkah demikian? Ternyata, sebenarnya banyak sekali manfaat dari minum kopi, dan salah satunya adalah kopi dapat mempengaruhi mood seseorang.

Kopi dapat meningkatkan kewaspadaan

Karena dampak kopi terhadap kewaspadaan inilah, maka seseorang akan merasa lebih bersemangat setelah meminum kopi. Selain itu, kopi juga mempunyai efek “membangunkan” atau dapat mengurangi kelelahan. Tak heran bila kopi biasanya dicari oleh orang setelah bangun tidur dan pada malam hari saat ia ingin begadang. The Coffee Science Information Centre menunjukkan bahwa rata-rata konsumsi kopi dengan dosis kafein 100-200 mg dapat meningkatkan kewaspadaan mental dan performa seseorang dalam bekerja.

Selain itu, juga terdapat bukti yang mengatakan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi dopamin di otak, yaitu neurotransmiter yang berhubungan dengan rasa senang. Oleh karena itu, beberapa dari Anda mungkin merasakan bahwa kopi dapat mengubah mood anda menjadi lebih baik.

Kopi dapat menurunkan kecemasan

Konsumsi kopi pada beberapa orang juga terbukti dapat menurunkan tingkat kecemasan. Efek kecemasan dari kopi dapat berbeda-beda antar individu tergantung dari sensitivitas individu terhadap kefein dalam kopi.

Kafein bekerja dengan cara merangsang sistem saraf pusat di otak. Kemudian otak melepaskan dopamin dan serotonin, serta hormon adrenalin dan norepinefrin. Hormon adrenalin dan norepinefrin dapat meningkatkan keberanian Anda pada situasi darurat.

Kopi berhubungan dengan depresi

Beberapa penelitian menunjukkan kafein yang terkandung dalam kopi memberikan dampak positif terhadap depresi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat mencegah reseptor otak untuk merespon situasi stres. Artinya, para penggemar kopi atau yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kafein tinggi setiap hari mungkin lebih sulit untuk mengalami depresi atau merasakan suasana hati yang buruk.

Konsumsi kopi dalam jangka panjang terbukti dapat melawan depresi. Sebuah penelitian jangka panjang yang diterbitkan oleh Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi kopi berkafein sebanyak 2-3 cangkir per hari memiliki risiko 15% lebih kecil untuk mengalami depresi dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi 1 cangkir kopi atau kurang per hari. Sedangkan, wanita yang mengonsumsi kopi 4 cangkir atau lebih per harinya mempunyai risiko 20% lebih kecil untuk mengalami depresi.

Berapa cangkir kopi yang masih aman bagi kesehatan?

Konsumsi 3 cangkir kopi per hari pada waktu pagi, siang, dan sore hari rasanya sudah lebih dari cukup. Ingat, jangan mengonsumsi kopi mendekati waktu tidur anda karena ini dapat membuat anda sulit tertidur.

Source: 1, 2.

Leave a Reply