KEUNGGULAN KOPI ROBUSTA

Source: pinterest

Untuk para pecinta kopi, pastinya Anda sudah mengetahui jenis-jenis biji kopi yang terkenal di dunia. Salah satu jenis biji kopi yang terkenal adalah jenis kopi robusta.

Berbeda dengan kopi arabika, kopi robusta memiliki cita rasa yang cenderung kuat dan pahit. Hal ini tentunya tidak dapat dijadikan dasar untuk memandang sebelah mata kopi robusta. Karena rasa pahit yang dimiliki kopi robusta nyatanya berhasil memikat hati para pecinta kopi. Terlebih lagi, rasa pahit itu dikarenakan oleh kadar kafein pada robusta yang tinggi, yaitu 1.5-3.3%, atau 2 kali lipat dari kandungan kafein arabika.

Kopi Robusta merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Tumbuh baik di ketinggian 400-700 m dpl, temperatur 21-24° C dengan bulan kering 3-4 bulan secara berturut-turut dan 3-4 kali hujan kiriman.

Walaupun banyak yang menggangap kualitas kopi robusta lebih rendah dibandingkan dengan kopi arabika, nyatanya kopi jenis ini justru memiliki keunggulan dibandingkan dengan kopi jenis lainnya.

 

Berikut adalah beberapa keunggulan kopi robusta dibandingkan dengan jenis kopi lainnya:

  • Tanaman kopi robusta relatif lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit, antara lain karat daun (HV).
  • Kopi robusta bisa ditanam di dataran rendah, dengan produktivitas lebih baik dibandingkan dengan arabika.
  • Beberapa jenis kopi robusta terbilang cukup populer di Indonesia karena cita rasa yang unik dan berbeda dari kopi lainnya. Meskipun tidak bisa ditentukan secara pasti, namun rasa yang berbeda tersebut membuat kopi semakin digemari dan seringkali dikombinasikan dengan jenis kopi lainnya loh.
  • Kandungan kafein yang ada di dalam kopi robusta memberikan keunggulan pada segi rasa yang lebih pahit dan pekat. Namun hal inilah yang membuat penggemarnya semakin banyak dan bahkan mengombinasikannya agar semakin nikmat saat diseduh.
  • Selain rasanya yang pahit dan pekat, kopi robusta juga unggul dalam segi harga. Dengan harga yang lebih terjangkau dan murah dibandingkan kopi lainnya, maka tidak heran jika banyak orang lebih memilih jenis kopi ini untuk diseduh tiap harinya.

Setelah mengetahui beberapa keunggulan kopi robusta, pastinya jadi penasaran ingin mencobanya bukan? Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App

    

  

Source: kopinganu.com