KONSUMSI KOPI MENGURANGI RISIKO COVID-19

 

Pastinya semua pecinta kopi sudah mengetahui jika kopi hitam tanpa campuran gula / pemanis buatan mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan saat ini sebuah studi baru di Northwestern Medicine mengungkap konsumsi kopi hitam dapat memberikan perlindungan terhadap COVID-19.

Dalam studi ini, para peneliti menggunakan data UK Biobank untuk memeriksa hubungan antara perilaku diet dari 2006 hingga 2010 dan infeksi COVID-19 dari Maret hingga November 2020 pada orang yang sama.

Para peneliti secara khusus mengamati konsumsi kopi, teh, daging olahan, daging merah, buah, sayuran, dan ikan berminyak. Beberapa faktor disesuaikan seperti ras, usia, jenis kelamin, dan faktor-faktor lain seperti aktivitas fisik, tingkat BMI, dan riwayat kondisi medis tertentu.

Para peneliti menemukan, kebiasaan mengonsumsi secangkir kopi hitam atau lebih per hari, dikaitkan dengan penurunan risiko Covid-19 sekitar 10 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi.

Kopi mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi, dan konsumsi kopi berkorelasi baik dengan biomarker inflamasi, terkait dengan keparahan dan kematian Covid-19.

Namun demikian, para ahli menyarankan bahwa kopi hitam dan bukanlah pengganti vaksin COVID-19 dan tindakan pencegahan lain yang direkomendasikan.

Jadi, tak ada salahnya untuk menikmati kopi setiap harinya dengan dosis yang tepat, tanpa campuran pemanis buatan, dan pilihan kopi yang berkualitas untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatannya. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara menjaga pola hidup sehat dan istirahat yang cukup.

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

  

 

 

Source: news.northwestern.edu