KONSUMSI KOPI SECARA RUTIN DAPAT MENYEHATKAN PENCERNAN

 

Tidak hanya sebagai minuman penambah energi dan semangat, kopi juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan mulai dari menjaga kesehatan pembuluh darah, meningkatkan memori, bahkan menjaga kesehatan hati dan melawan diabetes.

Bahkan, sebuah penelitian baru-baru ini juga menemukan, mereka yang kerap mengonsumsi kopi rupanya memiliki pencernaan yang lebih sehat.

Dalam studi yang dilakukan oleh Baylor College of Medicine di Houston, Texas tersebut, sebanyak 34 partisipan diminta menjalani pemeriksaan kolonoskopi dan endoskopi, untuk memastikan kesehatan usus mereka.

Hasilnya, pencernaan para peminum kopi punya kadar bakteri baik seperti Faecalibacterium dan Roseburia yang lebih tinggi. Keduanya berperan dalam mencegah inflamasi pada tubuh.

Sementara, jumlah bakteri Erysipelatoclostridium yang ditemukan pada pencernaan peminum kopi juga lebih rendah. Jenis bakteri tersebut dapat menyebabkan sindrom metabolik, dan kerap dikaitkan dengan peningkatan glukosa usus kecil serta transporter lemak yang memicu obesitas.

Tim peneliti menyimpulkan, konsumsi kopi yang tinggi dapat dikaitkan dengan peningkatan kekayaan dan keberagaman mikrobiota usus. Jumlah bakteri anti-inflamasi juga semakin berlimpah, serta rendahnya jenis bakteri yang berpotensi berbahaya.

Mengonsumsi kopi sebanyak 2-3 gelas cangkir kopi per hari adalah takaran yang ideal, tetapi tidak lebih dari itu. Waktu minum kopi juga harus diperhatikan. Jangan minum terlalu malam yang bisa membuat kamu sulit tidur, apalagi kalau di waktu tersebut kamu sedang butuh istirahat.

Jadi, tak ada salahnya untuk menyesap satu atau dua cangkir kopi setiap harinya, untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatannya.

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

  

 

 

 

Source: kumparan.com