KOPI ARABIKA FLORES BAJAWA SINGLE ORIGIN

Kopi Arabica Flores Bajawa Speciality (Single Origin)

Flores berasal dari Bahasa Portugis yaitu “cabo de Flores” yang memili arti “tanjung bunga”. Flores adalah sebuah pulau yang berada diwilayah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Flores merupakan daerah yang iklimnya istimewa, karena pengaruh dari perpaduan antara iklim tropis Indonesia, dan subtropics Australia sehingga menghasilkan lingkungan yang khas. Karena pengaruh hal inilah kopi Flores dapat memiliki cita rasa yang unik dan khas.

Kopi Flores memiliki aroma bunga, caramel, kacang – kacangan dengan ditambah sensasi rasa tembakau, menjadikan kopi ini adalah salah satu kopi yang unik di Indonesia. Cita rasa dari kopi Flores ini dipengaruhi karena tanaman kopi tumbuh di tanah vulkanik pada dataran Ngada, Flores, NTT. Di tambah lagi karena ada perpaduan 2 iklim antara iklim tropis Indonesia, dan iklim subtropics Australia membuat pertumbujan kopi di daerah Flores ini memiliki hasil yan berbeda dengan yang lainnya.

Tanaman kopi banyak ditemui didaerah Bajawa. Bajawa berasal dari kata bha artinya ’lembah’, ’kuali’, dan jawa artinya ’sejahtera’. Bhajawa: lembah kesejahteraan. Bajawa berada di lembah, diapit gunung dan bukit.

Daerah Flores sendiri memiliki dua jenis kopi, yaitu manggarai dan bajawa. Bajawa merupakan kopi dengan jenis arabika. Kopi bajawa dari Flores ini merupakan salah satu kopi yang cukup mendunia. Masyarakat Ngada, atau sering disebut sebagai orang bajawa ini telah lama membudidayakan kopi jenis arabika ini. Kopi ini merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat Ngada.

Lahan yang luas dengan hasil melimpah dan berkualitas diyakini diberkati leluhur. Jika tanaman direstui, tidak akan diganggu pihak luar. Karena itu, masyarakat Ngada atau yang sering disebut sebagai orang Bajawa telah membudidayakan kopi secara turun-temurun.

Perkebunan kopi di dataran tinggi kabupaten Ngada ini berada pada ketinggian 1.000 sampai 1.550 di atas permukaan laut. Dataran tinggi Ngada ini memiliki iklim dan curah hujan kisaran 2.500 mm per tahun. Pada bulan Juni hingga Oktober merupakan berlangsungnya bulan-bulan kering. Keadaan ini lah yang membuat daerah ini sangat sesuai untuk pertumbuhan dan pembudidayaan tanaman kopi. Kopi Flores Bajawa ini dengan serius dikelola oleh pemerintah karena memiliki potensi yang tinggi. Kopi ini pun tidak hanya dilirik oleh masyarakat diberbagai penjuru Indonesia, namun industri kopi Eropa dan juga Amerika pun ikut melirik kenikmatan dari kopi ini.

Seluruh kopi Flores Bajawa melalui proses organik, tanpa bahan kimia. Ini salah satu alasan mengapa kopi Flores memiliki citarasa yang kuat dan harum. Debu vulkanik Gunung Inerie membuat aromanya lebih harum dan menyengat. Cita rasa yang kuat atau strong dari kopi ini juga banyak dicintai masyarakat dunia. Ciri kopi Flores Bajawa adalah dengan tingkat kekentalan tinggi dan keasaman rendah.  Beberapa penikmat kopi mengatakan bahwa kopi ini rasanya seperti mangga yang dicampur dengan apel dan melon, dan after taste-nya seperti tembakau.

Pemerintah Indonesia juga telah menetapkan Indikasi Geografis (IG) untuk daerah Bajawa. Hal ini membuat kopi Bajawa layak disebut sebagai kopi single origin.

Untuk pembelian kopi single origin, Coffeeland menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.