KOPI KLOTOK, KOPI ISTIMEWA DENGAN METODE PENYAJIAN SEDERHANA

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak disukai kaum pria bahkan wanita, karena aroma dan juga rasa dari kopi bisa mengembalikan membangkitkan semangat dan memberikan motivasi dalam mencari ide-ide baru. Salah satu kopi tradisional yang banyak sekali penggemarnya adalah kopi klotok.

Kopi klotok adalah salah satu sajian kopi tradisional khas Indonesia. Metode penyajian kopi klotok sama seperti kopi turki, cara membuatnya dengan merebus air bersama bubuk kopi varietas apapun, baik arabika atau robusta. Yang penting, bubuk kopinya digiling fine (namun tidak sehalus kopi Turki). Perbedaannya dengan kopi turki hanya dari alat – alat yang digunakan. Kopi Turki menggunakan ibrik dan kompor api atau kompor pasir, sedangkan kopi klotok menggunakan panci dan tungku arang.

Kopi klotok diseduh dengan cara tradisional yang istimewa. cara membuat kopi klotok pun juga istimewa berbeda dengan yang lain. Bubuk kopi dimasak dengan panci panas kemudian disiram air hingga mendidih sehingga menghasilkan bunyi “klotok-klotok”. Dan dari inilah lahir istilah kopi klotok. 

Kopi ini menjadi favorit karena rasa pahit yang pas. Rasa kopi tentunya berbeda dari kopi yang hanya diseduh dengan air panas, walaupun bubuk kopi yang digunakan sama. Memasak kopi hingga mendidih tentunya menambah aroma kopi dan citarasanya menjadi luar biasa. Penyajian sederhana membuat segelas kopi klotok dihargai dengan harga murah meriah. Dengan pemasaran mulut ke mulut kopi klotok ini semakin meningkat dan juga mendunia.

Cara Membuat Kopi Klotok

Source

Cara membuat kopi klotok ini dibuat dengan resep Kopi Klotok Jahe Asli Enak. Kopi ini memiliki rasa yang berbeda dengan rasa kopi lain. kopi klotok tidak menggunakan pemanis gula pasir olahan akan tetapi langsung menggunakan air tebu sehingga lebih alami dan tradisional. Kopi klotok ini sangat cocok bagi yang ingin membuka usaha jual minuman kopi atau membuka warung kopi. tidak heran jika sangat banyak peminat untuk kopi klotok.

Bahan – bahan:

  • 2 sdm Kopi arabica atau robusta
  • 10 gram Jahe
  • 200 ml air tebu
  • 200 ml air

Cara Membuat:

  1. Jahe digeprek dan bakar jahe tersebut hingga sedikit berminyak
  2. Masukan kopi dalam panci aduk0-aduk hingga keluar aroma
  3. Kecilkan api kemudian tunggu beberapa saat hingga kopi lengket dengan panci lalu klotok kopi tersebut hingga menjadi bubuk lagi
  4. Tuangkan air perlahan, tunggu hingga mendidih
  5. Jika sudah mendidih masukan jahe yang dibakar
  6. Sajikan kopi untuk 4-5 gelas
  7. Bila anda suka dengan kopi manis tambahkan gula, atau madu.
  8. bila ingin disajikan dingin,anda tinggal perlu menambahkan es serut yang telah diserut dengan mesin serut es sehingga terlihat seperti smoothie coffe.

Dalam membuat kopi klotok hal yang perlu diperhatikan adalah jenis kopinya, baik arabica maupun robusta semua kembali ke selera masing – masing, yang jelas kopi yang digunakan sebaiknya menggunakan kopi yang berkualitas, karena kopi yang berkualitas akan menghasilkan minuman  yang berkualitas juga.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan  Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

Leave a Reply