MANFAAT JAHE UNTUK KESEHATAN

manfaat jahe untuk kesehatan
Source: liputan6.com

Jahe sudah terkenal sebagai rempah yang kaya akan manfaat. Selain dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan jamu dan bumbu masakan, jahe juga sering dijadikan minuman herbal yang dapat meghangatkan tubuh dan juga dipercaya dapat mengobati berbagai keluhan kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi jahe untuk kesehatan:

Mengatasi masalah

pencernan

Kandugan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan. Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

Mengurangi mual

Jahe terkenal dapat mengatasi mual yang disebabkan mabuk perjalanan moning sickness, vertigo maupun efek samping pengobatan kanker.

Anti nyeri

Kandungan gingerol dan fenol berfungsi sebagai anti nyeri. Selain itu kandungan gingerol dan fenol berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut menstruasi, meredakan gejala migrain, hingga nyeri otot setelah berolahraga.

Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit

Jahe merupakan salah satu jenis makanan yang disebut diaphoretic, manfaat jahe juga dapat memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat bermanfaat untuk tubuh terutama saat anda terserang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga dapat melindungi tubuh dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Mencegah kanker

Salah satu kandungan dalam manfaat jahe yang berperan dalam mencegah kanker adalah gingerol, phytonutrient dalam jahe yang juga memberikan rasa pada jahe yang unik. Gingerol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar, dan juga dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor.

Anti peradangan

Rutin minum air jahe dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik.

Ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan. Satu penelitian menemukan bahwa jahe dapat mengurangi gejala peradangan yang diakibatkan oleh reaksi alergi.

Mengendalikan kadar gula darah

Sudah banyak penelitian yang melaporkan jahe mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respon insulin pada penderita diabetes. Sebuah penelitian dari Iran menambahkan bahwa di Iran menemukan bahwa jahe khususnya menurunkan kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c dalam darah. Orang-orang pengidap diabetes tipe 2 yang minum suplemen jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang cukup drastis.

Selain itu, sifat antiradang dalam jahe juga dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti retinopati, penyakit jantung, dan stroke. Peneliti melaporkan bahwa manfaat ini akan terasa lebih menguntungkan ketika air jahe dicampur dengan bubuk kayu manis

Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 pria melaporkan bahwa rutin minum air jahe panas setelah sarapan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama dari pada hanya makan pagi saja. Studi lain juga menemukan bahwa jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Sebuah artikel di British Journal of Nutrition melaporkan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak.

Meski begitu, perlu penelitian lebih mendalam dengan jangkauan yang lebih luas guna memastikan manfaat jahe untuk penurunan berat badan.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat jahe bagi tubuh. Untuk pembelian Jahe Wangi Powder dapat dipesan di Coffeland indonesia. Selain menyediakan Jahe Wangi Powder, kami juga menyediakan powder minuman lainnya, seperti Gula ArenLemon Tea powder, Teh Tarik, Chocolate Special Blend, Frappe, Jahe Wangi, dan Black powder. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian, silahkan hubungi Tim Marketing via Whatsapp >> klik >>

  

 

  

 

 

 

Source: hellosehat.com

 

 

 

Leave a Reply

WhatsApp chat