Granita adalah salah satu minuman bergaya Italia. Tidak seperti espresso, cappuccino, dan macchiato, nama granita memang kurang dikenal. Granita  merupakan es kristal / es serut yang terbuat dari berbagai macam cairan seperti sari buah, kopi, dan berbagai macam sirup. Dan yang paling terkenal adalah Kopi Granita. Cara pembuatannya-pun terbilang sangat sederhana, hanya dengan menyiapkan kopi yang sudah dibekukan, lalu dibentuk menjadi kristal-kristal es (seperti es serut).

Kopi granita hamipir disajikan di semua kafe dan gelateria di Italia, karena memang kopi granita ini diminati banyak orang dari berbagai kalangan dan usia, terutama di musim panas. Cara penyajian kopi granita memiliki ciri khas sendiri yang dapat membedakan dengan es kopi atau es serut biasa.  Kopi yang sudah dibekukan dibentuk menjadi kristal-kristal es kemudian ditambahkan whipped cream dibagian atasnya, dan diberi sedikit irisan buah segar dan berwarna untuk garnisnya. Kombinasi dari rasa whipped cream yang manis, dan kristal es kopi akan menambah kesegaran di dalam mulut. Kopi granita ini sangat cocok dihidangkan sebagai makanan penutup atau sebagai penyegar pada saat musim panas.

Kopi yang digunakan dalam pembuatan kopi granita adalah espresso atau bisa juga menggunakan bubuk kopi espresso instan. Granita akan semakin cantik jika dalam penyajiannya memperhatikan wadah penyajian, seperti menggunakan gelas berkaki tinggi, atau gelas berwarna bening agar perbedaan warna antara butiran kristal kopi dan whipped cream terlihat. Kopi granita ini dapat dibuat dirumah dengan menggunakan berbagai bahan yang sangat mudah didapatkannya. Penasaran ingin membuatnya? Yuk intip resepnya.

Bahan – bahan:

  • 4 cangkir espresso yang baru diseduh atau bisa juga menggunakan kopi bubuk instan
  • 1 cangkir gula pasir atau bisa juga menggunakan sirup gula
  • 2 cangkir whipping cream

Langkah-langkah :

  • Seduh kopi dengan air panas. Sementara kopi panas, aduk gula sampai larut;
  • Tuangkan campuran kopi ke dalam loyang kue berukuran 13×9 inci. Tutup rapat dengan bungkus plastik dan bekukan sekitar 45 menit atau sampai dingin di pinggir panci.
  • Setelah 45 menit, lagi kocok secara merata. Tutup dan kembali ke freezer dan bekukan sekitar 3 jam atau semalam sampai beku dan benar-benar padat.
  • Saat siap menyajikan granita, keluarkan dari freezer. Lalu buat kristal es atau butiran es dengan menggunakan mesin khusus. Kembali ke freezer minimal 1 jam untuk didinginkan kembali. Saat disajikan, granita akan terlihat seperti tumpukan kristal merah kering yang lembut.
  • Setelah itu, masukkan butiran es tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan. Serta tambahkan whipped cream pada bagian atasnya.

Semoga resep kopi granita ini dapat menjadi tambahan inspirasi untuk sajian akhir pekan anda. Selamat mencoba!

 

 

 

Source: 1,2