Kopi dan rasanya yang pahit merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Untuk itu, penyajian kopi pada umumnya disandingkan bersama gula agar rasanya lebih manis dan nikmat. Tapi, ketika kopi dikonsumsi bersama gula apalagi dengan jumlah yang berlebihan, ini bisa membuat nutrisi serta vitamin pada kopi berkurang. Gula yang dikonsumsi bersama kopi juga sangat memungkinkan tubuh lebih rentan terhadap risiko diabetes atau naiknya gula darah tubuh.

Meski sisi pahit dalam kopi tidak dapat dihilangkan, namun rasa manis pada sajian kopi bisa disiasati dengan berbagai cara meski tanpa gula.

  1. Pilih Biji Kopi

Source

Jika anda ingin menikmati kopi tanpa didominasi oleh rasa yang pahit, maka nimatilah beragam jenis kopi dari berbagai single orin yang ada. Kopi memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Kopi-kopi tertentu memiliki ‘rasa manis’ bawaan yang bisanya dikenal dengan ‘catatan rasa’.

  1. Profile Roasting Kopi

Source

Dominan tidaknya rasa manis pada kopi juga tergantung dari profil roasting dari kopi itu sendiri. Sebelum memilih kopi yang ingin anda konsumsi, sebaiknya anda membaca atau menanyakan tentang roast profilenya. Pilihlah level light atau at least light to medium. Untuk level dark roast atau italian roast, bisa dipastikan rasa kopi tersebut pahit sekali. Selain itu, suhu air yang tinggi dan level gilingan yang fine juga dapat mempengaruhi rasa pahit kopi.

  1. Madu

Source

Rasa manis madu yang khas melebur dalam secangkir kopi hangat. Kebiasaan mencampur madu dengan kopi ini pernah ditemukan di Utara Thailand, disana para peminum kopi sudah terbiasa mencampurkan madu pada kopi mereka. Baik kopi seduh dingin maupun seduh hangat.

  1. Bubuk Kayu Manis

Source

Bubuk kayu manis dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gula. Walau bahan alami ini mengandung glukosa cukup banyak, ini masih lebih sehat jika dibandingkan dengan gula. Antioksidan di dalam kopi dan kayu manis bahkan dipercaya bisa menjadi obat berbagai penyakit.

  1. Susu

Source

Campuran susu dan kopi sudah bukan menjadi rahasia lagi bagi masyarakat di Indonesia. Basanya susu menjadi campuran dalam secangkir cappuccino, café latte, flat white, dan piccolo latte. Jika sudah menambahkan susu dalam secangkir kopi, sebenarnya sudah tidak disarankan lagi untuk memberi tambahan gula, karena kandungan susu dalam kopi sudah cukup memberikan rasa manis.

Alternatif lainnya yang bisa anda coba adalah memberikan tambahan creamer, whip cream, sirup hazelnut, sirup mocha dan sirup-sirup campuran lainnya sesuai dengan selera untuk mendapatkan pengalaman menikmati rasa kopi yang nikmat tanpa harus menambahkan gula.

Untuk Pemesanan Kopi Arabika asli Indonesia, Coffeeland menyediakan berbagai macam kopi arabika : Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1,2.