MENGAPA HARUS MEMBELI KOPI YANG BELUM DIGILING?

Setiap hari, kita menyeduh kopi bubuk untuk menikmat secangkir kopi yang nikmat. Banyak orang bertanya-tanya, mengapa tidak lansung membeli kopi bubuk? Padahal membeli kopi bubuk akan lebih praktis. Anda tinggal memasukan bubuk kopi kedalam filter, dan bisa lansung menyeduhnya.

Tidak dipungkiri kopi bubuk memang lebih praktis. Namun perlu anda ketahui, biji kopi yang baru saja di roasting memiliki kandungan minyak dan gas yang memancarkan aroma kopi ketika diseduh. Dan ini menjadi salah satu faktor yang membuat kopi terasa lebih nikmat meskipun membutuhkan proses yang panjang untuk menyeduhnya. Selain itu umur penyimpanan biji kopi lebih lama dibandingkan dengan kopi bubuk.

Mengapa kita perlu menggiling biji kopi?

Kopi yang sudah digiling terlebih dahulu lalu disimpan dalam wadah, lebih cepat berubah aroma dan rasanya dibandingkan menyimpan biji kopi. Inilah alasannya mengapa kami selalu menyarankan untuk memesan biji kopi dan menggilingnya ketika anda akan menyeduhnya. Menggiling kopi sesaat sebelum menyeduh dapat menjaga kesegaran serta karakter rasa dan aroma dari kopi tersebut.

Tentang proses ekstraksi kopi

Proses ekstraksi pada kopi terjadi ketika anda menyeduh kopi. Ketika kopi bertemu dengan air, air tersebut mengambil aroma, rasa dan zat-zat lain yang anda nikmati dalam sebuah cangkir kopi. Dengan kata lain, minuman yang berada di dalam cangkir tersebut, adalah ekstrak biji kopi.

Untuk mencapai ekstraksi yang ideal ketika menyeduh kopi anda harus memperhatikan tingkat kehalusan gilingan kopi. Semakin halus anda menggiling biji kopinya, semakin banyak jumlah partikel yang anda dapatkan, begitu pula sebaliknya, semakin kasar anda menggiling, semakin sedikit jumlah partikelnya. Jumlah partikel disini menentukan tingkat kesulitan air untuk melakukan ekstraksi. Dengan kopi yang sangat halus (jumlah partikel yang lebih banyak), akan lebih mudah untuk air mengeluarkan cita rasa yang terdapat pada kopi.

Semakin halus tingkat gilingn kopii, waktu seduhnya tidak memerlukan waktu yang lama. Itu sebabnya, hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk membuat espresso yang enak. Sebaliknya, kopi yang digiling kasar lebih cocok untuk diseduh dengan menggunakan Dripper atau French Press, misalnya, dengan waktu seduh yang lebih lama.

Coffee Grind Chart

Secara umum, yang kita perlukan dalam menyeduh sebuah kopi adalah tingkat konsistensi partikel dalam sebuah kopi yang telah digiling sesuai dengan metode yang diinginkan. Semakin halus skala gilingan kopinya maka semakin banyak partikel-partikel yang akan terekspos dan akan membuat kopi lebih banyak terekstraksi karena tingginya intensitas air yang mengalir di sela-sela partikel kopi. Hal ini berdampak pada rasa kopi yang lebih kuat dan intens.

Sebaliknya, semakin kasar skala gilingan kopinya, maka kopi yang terekstraksi semakin sedikit karena rendahnya intensitas air yang mengalir di sela-sela partikel pada kopi.

Sebelum menentukan skala gilingan yang terbaik sesuai metode seduh yang akan Anda gunakan, ada baiknya kita melihat panduannya:

Coffee grind chart
Source: grosche.ca

Jika anda masih kesulitan menemukan ukuran gilingan yang tepat, anda dapat mengunjungi coffee roaster atau took kopi lokal dan minta mereka menggiling sampel kecil kopi untuk metode pembuatan kopi anda. Jik sudah sesuai, coba sesuaikan dengan hasil gilingan anda dirumah.  Cara terbaik mendapatkan takaran kopi yang tepat 

Cara terbaik untuk mendapatkan takaran kopi adalah dengan cara menimbang beratnya. Anda dapat menimbang biji kopi sebelum menggilnnya untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat.

Untuk mendapatkan hasil timbngn akurat, anda dapat membeli timbangan digital dengan takaran terkecilnya adalah gram. Mulailah dengan rasio standar yang sesuai untuk metode seduh yang anda gunakan.

Seiring dengan berjalannya waktu, anda akan menemukan tingkat gilingan dan rasio seduh yang sesuai dengan selera anda.

Untuk pemesanan kopi supaya kegiatan seduh kopi dirumah anda tetap berjalan lancar. Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai varian kopi nusantara seperti Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi dan pembelian dapat menghubungi team marketing kami. KLIK >>>>

  

 

Source: coffeeconfidential.org

Leave a Reply

WhatsApp chat