MENGENAL FAKTA MENARIK SEPUTAR KOPI SUSU KEKINIAN

Tentunya anda sudah familiar dengan kopi susu bukan? Kopi susu merupakan minuman yang terdiri dari campuran kopi dan susu. Biasanya susu yang digunakan untuk kopi susu kekinian adalah susu segar. Sedangkan kopi yang digunakan bisa bermacam-macam tergantung permintaan dari pelanggan.
Namun ada juga yang menggunakan Susu Kental Manis alias Krimer sebagai campuran ke kopi. untukmu pecinta kopi susu pastinya penasaran ingin tahu lebih jauh minuman yang satu ini, yuk simak fakta tentang kopi susu dibawah ini.
1. Sejarah kopi susu
Tahukah anda? Berdasarkan beberapa sumber menyebutkan Kopi susu pertama kali diperkenalkan ke Rhode Island di awal tahun 1930-an. Kopi susu muncul dari restoran kreatif dan operator apotek mencoba untuk menarik pelanggan baru dengan minuman kreatif.
Sementara itu Kopi susu sudah ada di Indonesia sejak tahun 1927, tepatnya di Kawasan Glodok, Jakarta. Lebih dikenal dengan Kopi Es Tak Kie, Tak Kie diambil dari kata tak dan kie. “Tak” memiliki arti Bijaksana, sederhana, dan apa adanya. Sedangkan “Kie” memiliki arti mudah diingat oleh orang. Kedai ini didirikan oleh seorang perantau dari China bernama Liong Kwie Tjong. Dilansir dari food.detik, untuk mencoba es kopi susu di kedai ini anda cukup mengeluarkan Rp 11.000 untuk satu porsinya.
2. Cita rasa kopi susu kekinian
Cita rasa dari kopi susu tentunya berbeda-beda di setiap kedai kopi. Hal tersebut tentunya di dasari oleh penggunaan jenis kopi yang juga berbeda-beda. Berbeda dengan kopi susu yang sachet atau siap jadi, kopi susu kekinian cenderung lebih menonjolkan taste dari kopi itu sendiri. Jadi yang dominan bukan lagi susu.
Kopi susu kekinian juga memiliki komposisi yang berbeda-beda tergantung standar dari kedai kopi maupun permintaan konsumen. Ada yang menggunakan komposisi 70% kopi arabika, 30% kopi robusta lalu ditambahkan susu segar. Komposisi tersebut tentunya tidak menjadi patokan dari kopi susu kekinian yang beredar di Indonesia. Sehingga cita rasa yang dimiliki kopi susu disetiap kedai kopi berbeda-beda. Baik dari segi aroma, rasa, dan lain sebagainya.
3. Harga kopi susu kekinian
Kopi susu kekinian yang beredar di Indonesia merupakan varian kopi paling terjangkau dibandingkan dengan varian kopi yang dijual lainnya. Jadi banyak yang menganggap Kopi Susu merupakan jalan pertama menjadi seorang pecinta kopi. Apalagi bagi yang tidak menyukai kopi karena pahitnya tentu bisa jadi suka, karena kopi susu kekinian memiliki taste yang enak manis namun kopi tetap masih terasa.
Untuk harga kopi susu kekinian standarnya atau umumnya di bandrol dari Rp 11.000 hingga Rp 22.000. Namun ada juga Harga Kopi Susu kekinian yang jauh lebih mahal dari pasaran karena memang permintaan komposisi yang berbeda.
4. Segi kesehatan kopi susu kekinian
Tentunya dalam segi kesehatan kopi susu kekinian kurang bagus jika mengkonsumsi secara berlebihan. Apalagi untuk generasi milenial yang masih muda tentunya harus menghindari mengkonsumsi gula berlebihan.
Lantas bagaimana apakah Kita harus menghindari minum kopi susu kekinian? Sebagai alternatifnya anda bisa minum kopi susu dengan komposisi yang sesuai dengan kesehatan tubuh anda. Jika anda memesan di kedai kopi, tentunya anda bisa request kepada kasir maupun baristanya untuk mengurangi gula atau tingkat kemanisan dari kopi susu kekinian yang anda pesan.
5. Salah satu varian paling laris dibeli
Kopi Susu merupakan salah satu kopi yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia cocok dan menyukai cita rasa dari Kopi Susu Kekinian. Selain itu harga Kopi Susu Kekinian ini memiliki harga yang relatif terjangkau. Jadi tidak heran bila kopi susu kekinian merupakan salah satu varian paling diminati pelanggan.
6. Komposisi kopi susu kekinian
Bagaimana dengan komposisi kopi susu kekinian pada umumnya? Berikut komposisi susu kekinian pada umumnya yang bisa Kamu pelajari di rumah.
1. 15gr bubuk kopi (Bisa Kopi robusta atau kopi arabika atau dua-duanya) sesuaikan selera Kamu
2. 100ml air panas
3. 5-10 sendok makan Gula aren atau gula jawa yang cair
4. 100ml susu full cream (cair)
5. 2 sendok makan krimer bubuk atau kental
Nah tentu bahan pembuatan Kopi Susu Kekinian bisa anda dapatkan dengan mudah. Sedangkan untuk Kopi baik itu kopi robusta maupun arabika bisa anda dapatkan di Coffeeland Indonesia.

Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia dengan grade kopi speciality,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Setiap pembelian Kopi Single Origin Specialty 250gr akan mendapatkan dic 20% tanpa minimum pembelanjaan. Tunggu apalagi cek dan dapatkan promonya!! Untuk informasi pemesanan & pembelian lebih lanjut hubungi Tim Marketing kami via Whatsapp.

 

  

 

 

Source: tamandelta.com

 

Leave a Reply

WhatsApp chat

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/coffeela/public_html/wp-includes/functions.php on line 3783