MENGENAL KOPI TUBRUK | KOPI POPULER NUSANTARA

Kopi tubruk merupakan kopi hitam yang paling sederhana. Kopi tubruk ini awalnya berasal dari daerah Jawa dan Bali.
credit by asset.jawapos.com

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Setidaknya ada 10 lebih kopi yang dimiliki Indonesia. Setiap daerah di Indonesia selalu memiliki kopi khas yang enak. Pada saat

ditanya, jenis kopi apa yang pertama kali di konsumsi. Mungkin sebagian orang akan menyebutnya kopi hitam atau kopi tubruk. Pecinta kopi pastinya sudah tidak asing dengan jenis kopi yang satu ini.

Lantas seperti apakah kopi tubruk itu?

Kopi tubruk merupakan kopi hitam yang paling sederhana. Kopi tubruk ini awalnya berasal dari daerah Jawa dan Bali. Karena perkembangan zaman dan migrasi penduduk, metode ini pun hampir digunakan di seluruh Indonesia. kopi tubruk adalah metode yang paling tua. Menurut sejarah, metode seduh ini awalnya diperkenalkan oleh pedagang dari timur tengah pada era kolonial. Proses pembuatan kopi ini masih sangat sederhana dan tradisional. Tidak butuh alat seduh kopi yang mahal. Ketika menikmati kopi ini, Anda juga akan menikmati ampasnya.

Bagaimana cara membuat kopi tubruk yang nikmat?

Untuk membuat kopi tubruk, panaskan air hingga mendidih, kemudian giling biji kopi dengan grinder. Apabila Anda membeli kopi dalam bentuk bubuk maka tidak perlu menggilingnya. Setelah air mendidih, tunggu sebentar (sekitar 2 menit), tuang air panas ke dalam gelas dan sajikan. Beberapa orang suka meminum kopi tubruk secara langsung atau dibiarkan mengendap terlebih dahulu. Dinikmati dengan gorengan yang masih hangat, bisa di bilang jenis kopi ini, menjadi jenis kopi yang paling sederhana. Membuat kopi tubruk memanglah sangat mudah, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hjasil kopi semakin enak dan nikmat. Seperti perbandingan air, kopi dan pemanis/gula pun harus tepat.

Keunikan rasa yang dihasilkan dari metode kopi tubruk ini adalah pada body dan  richness-nya. Durasi waktu ekstraksi berlangsung lama karena bubuk yang dicelupkan menghasilkan body dan rasa yang kuat. Tak sedikit para pecinta kopi yang menyukai metode ini karena tidak membutuhkan alat seduh khusus dalam prosesnya.

Menyeduh dengan metode tubruk sangat mudah, Anda hanya membutuhkan kopi yang sudah digiling, air panas, gelas, dan grinder. Selamat mencoba membuatnya dirumah!

Terkait kopi dan peralatan seduh, Coffeeland menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Coffeeland Indonesia juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian grinder dan mesin kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami via Whats App.

Sumber: lifestyle.sindonews.com

Leave a Reply

WhatsApp chat