MENGHITUNG BREAK-EVEN POINT (BEP) UNTUK COFFEE SHOP

Coffee shop sekarang sudah menjamur di berbagai kota di Indonesia, tak hanya terbatas di kota-kota besar saja. Setiap coffee shop sudah memiliki customer masing-masing, karena hal itu bisnis coffee shop ini begitu diminati dan tak sedikit pula yang menganggap lahan bisnis coffee shop ini cukup menjanjikan jika anda tahu bagaimana cara mengembangkannya.

Masalahnya, membuka coffee shop tidaklah semudah menyeduh kopi kedalam cangkir. Bisnis coffee shop merupakan sebuah bisnis yang memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan. Ada banyak hal yang harus anda pikirkan dan persiapkan sebelum anda mulai membuka coffee shop. Salah satu hal terpenting yang harus anda ketahui adalah memproyeksi berapa banyak penjualan dan biaya-biaya agar bisa mencapai Break-Even Point (BEP).

Mengalami kerugian pada saat anda baru membuka bisnis ini adalah hal yang wajar. Namun saat bisnis mencapai BEP, itu berarti kedai kopi anda sudah tidak mengalami kerugian. BEP adalah titik di mana penjualan bisnis anda berhasil menutup segala biaya dan modal awal yang anda investasikan.

Dengan mengetahui angka BEP, mungkin anda bisa mendapatkan gambaran mengenai penganggaran bisnis coffee shop anda. Seperti ukuran tempat yang diperlukan, jumlah mesin kopi yang diperlukan, dan jumlah staf yang diperlukan untuk mengoperasikan coffee shop. Berikut langkah-langkah untuk menghitung dan mendapatkan nilai BEP bisnis coffee shop anda:

Mencari Tahu Proyeksi Pendapatan Bersih

Memproyeksikan atau memprediksi total pendapatan anda menjadi salah satu komponen dalam mengetahui nilai BEP anda. Anda bisa memproyeksikan total pendapatan secara harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan. Umumnya, ukuran pendapatan yang dibutuhkan adalah secara bulanan.

Kenali Biaya Tetap, Biaya Variabel, dan Setoran Modal Awal Coffee Shop

Berapa biaya yang dibutuhkan agar kedai kopi anda tetap bisa beroperasi? Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu cangkir kopi? Mengetahui biaya-biaya tersebut sangatlah penting bagi bisnis anda. Tidak hanya sebagai komponen penghitungan BEP, namun juga bisa menjadi alat pertimbangan untuk keputusan bisnis anda. Anda juga bisa membuat anggaran secara efektif dengan mengetahui biaya apa saja yang terjadi selama kedai kopi Anda beroperasi.

Biaya-biaya tersebut bisa Anda pecah menjadi dua kategori. Yaitu biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap adalah biaya yang harus anda keluarkan ketika coffee shop anda melakukan atau tidak melakukan kegiatan penjualan. Contoh dari biaya tetap adalah biaya listrik, internet, sewa bangunan, dan biaya serupa lainnya. Sedangkan biaya variabel adalah biaya yang bersentuhan langsung dengan kegiatan operasional coffee shop. Biaya HPP (Harga Pokok Penjualan) merupakan salah satu contoh biaya variabel yang paling krusial dan signifikan dalam menentukan nilai BEP kedai kopi.

Berbicara mengenai HPP, ini berarti termasuk menghitung persediaan awal, pembelian bahan baku, sampai kepada persediaan akhir coffee shop.

Setalah mengetahui proyeksi pendapatan dan total biaya tetap + variabel, anda hanya tinggal mengetahui nilai setoran modal awal anda. Setoran modal awal bisa berasal dari uang pribadi, utang, atau penanaman modal dari investor. Yang di mana setoran modal ini anda pergunakan untuk membeli aset-aset dan membiayai seluruh biaya coffee shop yang anda miliki.

Cara Menghitung Nilai BEP Coffee Shop

Dengan mengetahui seluruh komponen yang disebutkan sebelumnya, anda dapat menghitung nilai BEP bisnis anda sendiri. Formulasi nilai BEP adalah:

BEP = Setoran Modal Awal / Total Laba bersih Sebelum Bunga dan Pajak

Laba Bersih Sebelum Bunga dan Pajak = Total Pendapatan Bersih – Total Biaya-Biaya

Sebagai contoh, Coffee shop A memprediksi akan mencetak angka pendapatan rata-rata sebesar Rp1,200,000,- /hari. Jika dihitung, selama satu bulan Coffee shop A mungkin bisa mencetak angka pendapatan sejumlah Rp 1,200,000,- x 30 = Rp 36.000.000,-

Setelah dihitung-hitung, total Biaya Tetap Coffee shop A selama satu bulan adalah Rp 6,000,000,- dan Biaya Variabelnya sejumlah Rp 11,800,000,-.

Sehingga Total Biayanya = 6,000,000,- + 11,800,000 = Rp 17,800,000,-

Sedangkan Setoran Modal Awal Coffee shop A adalah Rp 150,000,000,-

Jika dimasukkan dalam formulasi, maka nilai BEP Coffee shop A dalam hitungan bulanan adalah:

BEP = Rp 150,000,000 / (Rp 36,000,000 – Rp 17,800,000)

BEP =  8,2 bulan

Sejatinya, Coffee shop A baru bisa mencapai titik BEP setelah sekitar 8 bulan. Hal tersebut diikuti dengan asumsi nilai pendapatan dan biaya rata-rata sejumlah yang disebutkan di atas. Namun dalam praktiknya, jelas pendapatan dan biaya-biaya yang terjadi selama periode berjalan akan berubah-ubah. Pastikan nilai proyeksi pendapatan dan biaya yang anda gunakan adalah patokan minimal. Sehingga jika coffee shop anda bisa mencetak nilai pendapatan bersih lebih dan bisa menjaga biaya yang terjadi tetap terkendali, anda bisa mencapai titik BEP lebih cepat.

Untuk mengetahui komponen seperti nilai pendapatan dan biaya-biaya, tentunya membutuhkan Laporan Keuangan khususnya Laporan Laba-Rugi. Laporan Keuangan bisa anda hasilkan secara mudah dengan menggunakan Software Akuntansi yang mumpuni. Anda dapat mencoba JurnalSoftware Akuntansi yang memiliki fitur akuntansi lengkap dan memadai. Dengan Jurnal, tidak hanya bisa memperhitungkan BEP, Anda bisa mengetahui penelusuran total biaya yang terjadi dalam bisnis anda secara mudah dan cepat.

Dengan mengetahui nilai BEP, setidaknya anda memiliki patokan untuk mulai menganggarkan dan mempersiapkan Business Plan coffee shop anda. Dan untuk mewujudkannya anda bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

Leave a Reply