REKOMENDASI HAND COFFEE ROASTER UNTUK DIGUNAKAN DIRUMAH

Menyangrai biji kopi atau “roasting” kopi merupakan tahap yang berpengaruh besar terhadap rasa kopi.  Pada dasarnya roasting adalah proses mengeluarkan air dalam kopi, mengeringkan dan mengembangkan bijinya,  mengurangi beratnya hingga 20%, serta yang paling penting adalah mengubah unsur gula menjadi CO2 sebagai alat transport untuk memberikan aroma pada kopi tersebut. Wanginya biji kopi seperti roti yang dipanggang saat terjadi proses endothermic yakni kadar air mulai berkurang pastinya menjadi salah satu godaan untuk mencoba roasting sendiri dirumah.

Jauh sebelum dunia perkopian mengenal mesin roasting atau pemanggang kopi secara otomatis, nenek moyang pengolah kopi di Afrika atau pun Indonesia terlebih dahulu mengenal memanggang kopi secara manual. Mereka biasa menggunakan kayu bakar dan alat pemanggangnya terbuat dari wajan tanah liat atau gerabah. Batasan waktu roastingnyapun bukan berdasarkan timer di mesin canggih seperti sekarang, tetapi menggunakan perasaan, penciuman dan penghilatan. Jika ragu, mereka mengambil beberapa biji kopi yang sedang dipanggang, kemudian di kunyah. Dari mengunyah biji kopi inilah indera pengecapnya mampu menentukan kapan kopi yang ia panggang sudah selesai atau belum.

Jika anda pecinta kopi dan tertarik melakukan roasting sendiri, kini anda dapat melakukannya di rumah dengan alat roasting manual atau istilah lainnya handy roaster. Seperti apakah Handy Roaster atau pemanggang kopi manual yang beredar di Indonesia? Ada beberapa jenis Handy Roaster yang bisa dibeli di beberapa market place dan toko khusus perlengkapan kopi. Berikut adalah alat Manual Coffee Roaster atau Handy Roaster yang sudah kami rangkum:

Hario Coffee Bean Roaster – Silver

Siapa yang tak kenal dengan hario, brand ini memiliki produk untuk perlengkapan yang komplit. Hario Coffee Bean Roaster – Silver kapasitas dalam sekali roasting sekitar 50 gram. Jika anda ingin membeli Hario Coffee Bean Roaster – Silver, anda dapat membeli mini gas burnernya juga.

Coffee Mini Roaster Small

Source

Coffee Mini Roaster Small ini adalah produk keluaran Cina, terbuat dari bahan stainless steel dengan ukuran 16 x 12 x 14,5 cm, dengan berat sekitar 800 gr. Dan dapat menampung biji kopi sekitar 300 gr. Alcohol Burner atau Alcohol Stove adalah alat pembakar yang cocok karena api yang dikeluarkan tidak terlalu tajam untuk handy roaster.

Nuvo Eco Ceramic Handy Coffee Bean Roaster

Source

Kerajinan tanah liat atau ceramic yang crafting-nya mementingkan kualitas dan kesempurnaan. Mungkin itu juga yang mendorong salah satunya diciptakan Nuvo Eco Ceramic Handy Coffee Bean Roaster. Kapasitasnya pun tidak begitu banyak. Memuat sekiar 30 – 70 gram biji kopi. Cara segar dan cepat untuk memiliki biji kopi fresh after roasting.

Dr. Mahn – Handy Roaster

Source

Satu lagi Dr. Mahn Handy Roaster Coffee Made in Korea yang memiliki kapasitas sekitar 150 – 200 gram, terbuat dari bahan stainless steel dan kayu oak dengan dimensi 40,5 x 22,5 x 5 cm, dan mempunya panjang handle 18 cm.

Yami Handy Roaster Ceramic

Source

Yami Handy Roaster Ceramic buatan cina ini memiliki kapasitas tidak banyak. Hanya 50 – 70 gram kopi. Masih cukuplah untuk beberapa kali ngopi dalam sehari.

Apa pun alatnya, yang penting kita, para penggemar manual coffee roaster masih bisa berekspresi dan bereksperimen dengan kopi yang di roasting secara manual.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan  Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

Leave a Reply