REVIEW V COFFEE DRIPPER DARI EDELMANN, ALAT SEDUH MANUAL BUATAN INDONESIA

Meracik kopi secara manual dewasa ini menjadi tren dikalangan masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Hal ini bisa dilihat dari munculnya berbagai macam alat seduh manual, terutama alat seduh pour over/dripper dengan ciri khas bentuknya yang seperti kerucut/cone. Salah satunya adalah V Coffee Dripper dari Edelmann brand asli buatan Indonesia. Peralatan Edelmann mengekspresikan budaya dan gaya hidup melalui fungsi, bentuk elegan dan terperinci. Diproduksi dengan stainless steel terbaik untuk keunggulan daya tahan produk.

Alat Seduh Manual “V Coffee Dripper Edelmann”

pict by Edelmann.asia

Pertama kali melihat alat seduh ini, terkesan industrial, karena alat ini terbuat dari stainless steel terbaik untuk keunggulan daya tahan produk.. Juga bentuknya unik seperti teflon dan terkesan elegan dengan warnanya yang hitam. Untuk detail tingginya 7,5 cm dengan diameter atas 10 cm, dan diameter bawah 2,5 cm. Cara menggunakan V Coffee Dripper ini sama seperti dripper pada umumnya. FYI, ada 3 macam teknik yang biasa digunakan dalam menyeduh kopi, yang salah satunya adalah immersion (merendam kopi dengan air), dua lainnya adalah perkolasi (mengalirkan air melewati bubuk kopi, biasanya menggunakan teknik yang disebut pour over) dan dekoksi (pencampuran kopi dengan air yang melibatkan kenaikan suhu).

Cara Seduh Menggunakan “V Coffee Dripper Edelmann”

 

Cara seduh dengan alat ini sangat mudah, sama seperti alat seduh manual lainnya yang menggunakan paper filter. Pertama-tama siapkan paper filter (kami menggunakan paper filter dari Edelmann), lalu lipat kertas filter yang akan digunakan, berbentuk kerucut, lalu letakkan kedalam dripper. Selanjutnya membilas paper filter terlebih dahulu, agar aroma kertas tidak masuk kedalam hasil seduhan. Air bekas yang digunakan untuk menyiram kertas filter sebaiknya langsung dbuang setelah filter itu dirasa bersih dan aromanya sudah hilang, hal ini untuk menjaga aroma kopi yang akan Anda seduh.

Siapkan biji kopi yang akan diseduh, kami menggunakan 24 gram biji kopi Arja Sari  (dengan ratio 1:15 , artinya kopi 1 gram dengan air 15ml), digiling medium, tidak terlalu halus. Setelah kertas filter tersebut dirasa bersih, hal selanjutnya adalah memasukan kopi ke dalamnya. FYI gilingan yang lebih halus akan mempercepat ekstraksi sehingga tidak perlu waktu yang terlalu lama merendam kopi, dan juga sebaliknya.

 

Langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan air panas dari teko secara perlahan. Cara menuangkan airnya pun tidak sembarangan, Anda bisa menuangkan air dari bagian tengah kemudian berlanjut dengan gerakan melingkar. Tuang air panas sebanyak 50-60 ml dan diamkan kira-kira 30-40 detik, proses ini bertujuan untuk membasahi kopi, biasanya kopi akan mengembang atau disebut dengan blooming. Agar hasil seduhannya maksimal, dalam setiap gerakan satu lingkaran Anda perlu mendiamkan sebentar hingga air yang dituangkan terserap hingga bagian dasar kopi. Langkah ini diulangi seterusnya hingga selesai. Durasi 3 menit sampai 4 menit. Tunggu kopi turun semua kedalam server, lalu kopi siap dinikmati. Yaa, sesimpel itu, dan semua pasti bisa menyeduh dengan alat ini, dengan hasil seduhan yang hampir sama.

Setelah kami mencoba V Coffee Dripper dari Edelmann ini, pengaplikasian memang cukup mudah dan membuat seduhan kopi kami lebih clean dibanding biasanya, rasa kopi dominan acidity (asam) dan sweetness. Selamat mencoba!

Untuk V Coffee Dripper ini dapat dipesan di Coffeeland Indonesia, kami juga menyediakan Dripper Coffee Edelmann lainnya. Untuk kopi dapat dipesan di Coffeeland Indonesia. Kami  menyediakan,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty.. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk pemesanan lebih lanjut hubungi Tim Marketing kami melalui Whatsapp.

 

 

  

 

 

 

Leave a Reply