SERUPA TAPI TAK SAMA, INI PERBEDAAN GULA AREN DAN GULA MERAH

 

Gula aren dan gula merah merupakan pemanis populer selain gula pasir. Kedua gula ini kerap menjadi tambahan pada makanan dan minuman di Indonesia. Gula aren dan gula merah sering dijadikan alternatif dari gula pasir.

Banyak orang yang belum bisa

membedakan antara gula aren dan gula merah. Bahkan keduanya kerap dianggap sama saja. Padahal antara gula aren dan gula merah memiliki karakteristik yang berbeda.

Jika diperhatikan dengan seksama bentuk, tekstur, dan rasa dari kedua gula ini cukup berbeda. Lalu apa sajakah perbedaan gula aren dan gula merah? Simak selengkapnya dibawah ini:

Bahan Baku Pembuatan

Dari segi pembuatan bisa terlihat bahwa dua gula ini berbeda. Gula aren terbuat dari nira pohon aren, sedangkan gula merah terbuat dari nira kelapa atau palem. Nira merupakan cairan manis yang didapat dari proses sadapan batang tanaman atau tandan bunga tumbuhan palem seperti kelapa, aren, kurma, atau sagu. 

Warna

Gula aren memiliki warna yang jauh lebih terang dibandingkan dengan gula merah. Jika dibandingkan dengan gula merah, warna gula aren lebih terang yakni kuning kemerahan. Sementara gula merah memiliki tampilan warna cokelat gelap gelap, terkadang agak kemerahan. Warnanya yang khas yaitu coklat gelap kemerah-merahan.

Tekstur dan Rasa

Gula aren memiliki tekstur yang lebih empuk dibanding gula merah dan mudah untuk dihaluskan. Sementara gula merah cenderung memiliki tekstur yang keras. Perbedaan ini bisa anda kenali saat Anda memegang permukaan gula.

Untuk rasa, sekilas rasa gula aren dan gula merah tampak sama saja. Namun, jika dirasakan dengan cermat, gula aren jauh lebih manis dibandingkan gula merah. Aroma dari gula aren juga jauh lebih kuat dibandingkan dengan gula merah.

Penggunaan

Karena aroma dan rasanya yang kuat, gula aren cenderung kerap digunakan sebagai campuran minuman dan makanan manis. Gula aren kerap digunakan sebagai campuran cendol atau dawet karena warnanya le.bih cantik jika berpadu dengan santan. Bahkan di zaman sekarang ini, gula aren dijadikan sebagai campuran dalam kopi

Sementara gula merah lebih sering menjadi bahan campuran makanan tradisional seperti gudeg, semur, atau pembuatan kecap manis. Ini karena rasa dan aroma gula merah tidak terlalu kuat sehingga tidak banyak memengaruhi rasa asli masakan.

 

Nah, setelah membaca artikel ini pastinya anda sudah tahu dong perbedaan gula aren dan gula merah. Untuk pembelian Gula Aren dapat dipesan di Coffeland indonesia. Selain menyediakan Gula Aren, kami juga menyediakan powder minuman lainnya, seperti Lemon Tea powder, Teh Tarik, Chocolate Special Blend, Frappe, Jahe Wangi, dan Black powder. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian, silahkan hubungi Tim Marketing via Whatsapp.

  

 

Source: timesindonesia.co.id

 

 

 

 

 

Leave a Reply

WhatsApp chat