TENTANG ESKTRAKSI | MENGENAL DEFINISI DASAR EKSTRAKSI  PADA KOPI

Proses dalam menyeduh kopi bukan sekedar mencampurkan air ke dalam kopi, juga cara seduh yang anda pakai, dengan alat seduh yang bermacam-macam. Inti dari kegiatan menyeduh kopi ialah proses ekstraksi. Banyak hal mendasar tentang cara membuat sajian kopi agar lebih optimalkan, dari mulai rasio kopi hingga penggunaan air dan biji kopi bahkan cara seduh kopi itu sendiri. Dengan alat kopi yang sama dan kesamaan variabel lainnya, karakter rasa dari sajian kopi bisa berbeda dikarenakan cara seduhnya.

Lalu apa itu ekstraksi?

Ekstraksi adalah proses pemisahan satu atau lebih komponen dari suatu campuran homogen menggunakan pelarut cair (solven) sebagai separating agent. Ekstraksi terjadi setiap kali menyeduh kopi. Ketika kopi bertemu dengan air, air tersebut melarutkan zat-zat yang ada pada kopi yang menimbulkan aroma, rasa, dan juga body atau tekstur dalam secangkir kopi yang kita minum.

Pada dasarnya ekstraksi pada kopi adalah proses mengeluarkan atau melarutkan kandungan yang ada pada kopi, dengan cara merendam (immersion) atau pour over. Semakin banyak bidang yang terkena air, berarti ekstraksi akan semakin besar.

Aspek penting dalam proses ekstraksi kopi

Dalam melakukan proses ekstraksi ada beberapa aspek yang harus dikontrol untuk mendapatkan hasil akhir yang ideal (ideal extraction). Jika tidak, kemungkinan akan terjadi sedikitnya sari kopi yang diesktrak (under extraction), atau terlalu  banyak sari kopi yang telah duiekstrak (over extraction) yang membuat rasa kopi menjadi lebih pahit dan tidak terlau nikmat. Jadi dalam proses menyeduh kopi harus balance antara kopi yang diseduh dan hasil dari sari kopi yang telah dikstrak, tidak terlalu tinggi maupun tidak terlalu rendah.

Ideally Extraction sangat sulit didefenisikan, tiap orang memiliki kesukaan rasa yang hampir berbeda, tapi sebuah keseimbangan rasa adalah yang terpenting. Idealnya, ketika kamu mencoba kopi yang anda seduh, dan tidak dapat mendeskripsikan rasanya namun anda menikmati dengan senyuman, itulah sebuah keajaiban dari suatu perpaduan seduh yang ideal bagi kopi untuk berekstraksi. Namun, ada beberapa aspek yang perlu diketahui untuk mendapatkan ekstraksi yang ideal.

Sebaiknya sebelum menyeduh, hal yang perlu dipahami adalah bahwa tujuannya yaitu mengekstraksi biji kopi dengan jalan digiling terlebih dulu (untuk memudahkan ekstraksi) dengan media air. Air adalah media utama dalam menyeduh kopi, sehingga air adalah hal penting yang tidak bisa diacuhkan begitu saja. Kandungan dan komposisi mineral air dapat mempengaruhi kualitas seduhan terhadap kopi. Standar air yang sebaiknya digunakan, yaitu tidak memiliki rasa yang mengganggu, tidak berwarna, serta memiliki TDS yang standar 75-250mg/L (acceptable), dan Ph 6.5-7.0 (Ph balance/acceptable).

Terkait peralatan seduh, Coffeeland Indonesia menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami,

 

 @coffeeland_indonesia      coffeeland indonesia

Source by coffeetalk.id

Leave a Reply

WhatsApp chat