METODE SEDUH UNTUK PENIKMAT KOPI PEMULA

 

 

Kopi memang tak lekang oleh waktu. Sejak dulu, orang tua tentu terbiasa minum kopi. Hebatnya, hingga kini kopi masih menjadi favorit, bahkan sampai ke kalangan anak muda atau milenial.

Berbicara tentang penyajian kopi sendiri, banyak orang tentu tertarik untuk mempelajarinya. Namun, metode seduh apa yang baik untuk dilakukan oleh para pemula? Berikut ulasannya:

Tubruk

Menyeduh kopi dengan teknik tubruk adalah teknik paling dasar dan dapat dibilang lebih mudah dibandingkan manual brewing lainnya. Teknik tubruk ini merupakan teknik seduh kopi khas Indonesia dan banyak sekali penggemarnya, karena melalui teknik ini Anda dapat merasakan langsung karakter asli dari kopi tersebut.  Jika Anda ingin menyeduh kopi dengan teknik ini, Anda hanya memerlukan biji kopi segar yang sudah digiling dan air panas dengan temperatur yang tepat.

French Press

Teknik manual brewing ini membutuhkan alat bantu yang berbentuk tabung lengkap dengan alat penekan dan saringan di dalamnya. Tidak begitu berbeda jauh dari teknik tubruk, Anda cukup menyiram biji kopi yang sudah digiling dengan air panas, lalu menekannya hingga terpisah antara ampas dan minuman kopinya. Kopi pun siap disajikan. Melalui teknik ini, Anda juga dapat mengetahui karakter asli dari kopi tersebut, sehingga teknik tubruk dan french press sangat cocok bagi Anda yang sedang ingin memperdalam ilmu tentang cita rasa kopi.

Vietnam Drip

Vietnam Drip adalah teknik menyeduh kopi yang berasal dari Vietnam. Untuk biji kopinya sendiri, Anda bebas menggunakan biji kopi favorit Anda. Teknik Vietnam Drip ini terdiri dari dua alat saringan (atas dan bawah), cangkir, dan penutup. Saringan ini biasa disebut sebagai tamper yang berfungsi untuk menekan kopi ketika disiram air panas, sehingga menghasilkan cairan kopi ke dalam cangkir.

V60 (Pour Over)

Teknik V60 ini merupakan teknik yang banyak digemari dan dicari di coffee shop lokal. Untuk menyeduh kopi, Anda membutuhkan sebuah kertas filter khusus yang berbentuk kerucut sebagai wadah bagi biji kopi yang sudah digiling, kemudian siram bubuk kopi dengan air panas. Fungsi filter tersebut adalah untuk mengurangi tingkat keasaman dari kopi, teknik ini juga cocok bagi Anda yang tidak begitu menyukai cita rasa kopi yang terlalu strong.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan seduh Anda dan dapat Anda coba di rumah, semua metode seduh ini bisa Anda coba untuk bereksperimen hingga menemukan teknik seduh yang sesuai dengan selera Anda.

Apapun teknik seduhnya, pastikan untuk selalu menggunkan biji kopi yang berualitas.  Karena kualitas kopi premium akan menghasilkan rasa yang nikmat sehingga membuat Anda menikmati kopi dengan maksimal. 

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

Source: pergikuliner.com