TENTANG ROASTING: SEBERAPA PENTINGKAH ROAST DATE PADA KOPI?

Bagi para addict kopi tampaknya mengkonsumsi kopi yang segar merupakan faktor penting dalam menghasilkan seduhan kopi yang nikmat dan tak terlupakan. Salah satu faktor kopi yang segar ini selalu dihubungkan dengan tanggal sangrai atau roast date yang tertera pada kemasan kopi. Kebanyakan orang-orang hanya melihat tanggal kadaluarsa atau expired pada kopi, padahal roast date juga penting untuk diperhatikan, karena tanggal sangrai (roast date) mempengaruhi kualitas rasa dan kesegaran pada kopi. Jadi seberapa pentingkah Roast Date itu?

Pentingnya Tanggal Sangrai Kopi (Roast Date)

Proses sangrai sangat penting dalam menentukan rasa, intensitas, aroma, dan kesegaran biji kopi, dan para penikmat kopi sangat bergantung pada tanda-tanda ini untuk menentukan apakah kopi yang mereka minum berkualitas atau tidak. Saat ini, penggemar kopi yang benar-benar memerhatikan kualitas kopi yang diminumnya pun semakin banyak, sehingga jumlah peminum kopi yang mencari tanggal sangrai di kemasan kopi juga bertambah. Dengan semakin banyaknya informasi tentang kopi, dan bertambahnya produk kopi spesialti yang merambah supermarket, kini makin banyak orang yang secara sadar mencari tanggal sangrai atau roast date.

Alasan Pencantuman Tanggal Sangrai (Roast Date)

– Dari segi kepentingan konsumen

Pencantuman tanggal sangrai biji kopi penting bagi konsumen, karena mereka bisa menentukan kualitas dan kesegaran kopi yang akan dikonsumsi.

– Dari segi kepentingan pengusaha (Coffee Shop)

Pencantuman tanggal sangrai kopi tentu membantu mereka mencari kopi berkualitas terbaik untuk menjalankan usahanya.

– Dari segi Produsen

Pencantuman tanggal sangrai kopi oleh produsen merupakan bentuk tanggung jawab dari segi kualitas yang pada ujungnya akan memberi banyak keuntungan. Seperti, memungkinkan mereka mendapat reputasi yang lebih baik soal mutu, di mata peminum kopi spesialti. Produsen juga akan dapat membantu meningkatkan kesadaran soal pentingnya mengonsumsi kopi dengan tanggal sangrai yang masih relatif baru. Hal ini akan membantu meningkatkan jumlah konsumen kopi yang peduli dengan tanggal sangrai kopi.

Pemilihan Waktu Mengkonsumsi Kopi Yang Tepat Setelah Disangrai?

Durasi ideal paling umum yang banyak diterima oleh para ahli, roaster dan coffee geek lainnya adalah sekitar 7 – 14 hari sejak tanggal roasting (roast date). Kopi-kopi yang berada dalam rentang waktu ini dianggap terbaik untuk dikonsumsi karena proses degassing pada kopi telah selesai. Yang tersisa pada kandungan biji kopi pun adalah segala substansi dan zat alami baik yang sudah benar-benar utuh. Ada pula sebagian sumber menyatakan bahwa durasi ideal yang dianggap cukup baik adalah sekitar 21-30 hari.

Jika anda belum memahami konsep mengenai durasi kesegaran ideal ini, atau belum tahu apakah kopi yang akan anda beli telah benar-benar ideal untuk dikonsumsi, ada baiknya bertanya langsung kepada roaster atau barista yang dapat memberikan anda saran terbaik mengenai kopi. Terkait pemesanan kopi, Coffeeland menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty,Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

  

Source: manualbrewing.com

 

Leave a Reply

WhatsApp chat

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/coffeela/public_html/wp-includes/functions.php on line 3783