Bagi mereka yang sedang membutuhkan waktu untuk menyelesaikan berbagai macam hal, kopi tentu akan dijadikan salah satu minuman yang wajib untuk dikonsumsi. Dengan meminumnya, maka mereka tentu tidak akan mudah mengantuk sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan lancar. Sayangnya, bagi sebagian orang meminum kopi ternyata tidak efektif untuk mengusir rasa kantuk mereka, mereka akan tetap mengantuk walau sudah meminum kopi. Dan hal apa yang menyebabkan seseorang tetap merasakan ngantuk pada saat meminum kopi? Simak penjelasannya.

Source
  • Tubuh Kesulitan Dalam Mencerna Kafein

Bagi anda yang tetap merasakan ngantuk setelah meminum kopi, penyebabnya bisa jadi gen dalam tubuh anda sendiri. Ya, rupanya ada gen khusus yang mengatur seberapa peka sistem saraf anda terhadap kafein.

Gen mempengaruhi dampak kopi terhadap setiap orang. Seseorang dengan gen tertentu tak perlu banyak-banyak mengkonsumsi kopi untuk terjaga lebih lama.

Salah seorang peneliti, Dr. Nicola Pirastu, menyebut gen ini sebagai gen PDSS2. Gen ini bisa mempengaruhi efek penguraian kafein dari kopi pada tubuh. Mereka yang memiliki gen ini akan membuat efek kopi lebih cepat mempengaruhi kondisi tubuh sehingga meskipun baru minum secangkir kopi saja, mereka sudah tidak lagi mengantuk. Hanya saja, ada sebagian orang yang ternyata tidak memiliki gen PDSS2 ini dalam tubuhnya. Hal ini membuat tubuhnya tidak mampu mengurai kafein pada kopi dengan efektif. Alhasil, mereka pun tetap saja akan mengantuk setelah minum kopi dan harus mengkonsumsinya lebih banyak jika ingin tetap terjaga.

Pada umumnya, orang-orang yang memiliki kombinasi sempurna dari gen-gen tersebut mampu mencerna kafein lebih cepat. Maka, efek kopi jadi lebih cepat terasa. Namun, bagi  sebagian orang justru kesulitan mencerna kafein didalam tubuhnya sehingga meskipun mereka sudah minum kopi, mereka akan tetap merasa ngantuk karena tubuh belum selesai mencerna kafein.

  • Kurang Tidur

Selain di pengaruhi oleh gen, ternyata rasa kantuk yang tidak hilang usai meminum kopi juga dipengarui oleh kurangnya jumlah waktu tidur. Semakin anda kurang tidur, tubuh anda akan memproduksi senyawa adenosin dalam jumlah yang banyak. Senyawa adenosin ini berfungsi untuk membantu otak menangkap sinyal  agar tubuh dapat segera beristirahat. Akibatnya, kafein dalam kopi akan kalah melawan adenosin dalam tubuh anda. Ketika anda meminum kopi, sistem saraf sudah terlanjur menangkap dan mengikat adenosin terlebih dahulu, jadi kafein yang masuk dalam tubuh tidak akan bekerja dalam sitem saraf anda.

Maka, ketika anda kurang tidur, anda tidak akan merasakan efek apapun walaupun anda sudah meminum beberapa cangkir kopi. Saran dari kami, cobalah istirahat yang cukup, untuk mengatasi rasa kantuk anda agar anda tetap sehat, segar, dan dapat kembali fokus pada saat bekerja.

 

Source: 1, 2, 3.