NGOPI DI WAKTU BERBUKA, AMANKAH?

Ingin konsumsi kopi dengan aman dan sehat? Simak tips selengkapnya dibawah ini: Sebaiknya konsumsi kopi setelah makan

Dengan datangnya bulan suci Ramadhan dimana umat muslim selama melaksanakan puasa sebulan penuh. Hadirnya bulan suci Ramadhan tentunya mengubah kebiasaaan kita, tak terkecuali kebiasaaan ngopi. Banyak yang bertanya perihal mengkonsumsi kopi di waktu berbuka, apakah aman atau tidak. Apakah ngopi di waktu berbuka akan mengganggu kesehatan lambung dan memberi efek yang tak menyenangkan pada tubuh? Jawabannya bisa iya atau tidak, tergantung kondisi dan daya tubuh masing masing saat mencicipi kopi. Lalu bagaimana caranya mngkonsumsi kopi yang aman saat berbuka, berikut tips selengkapnya:

Sebaiknya ngopi dilakukan setelah makan

Berbuka puasa dengan kopi boleh saja, asal tidak langsung mengkonsumsinya saat bedug magrib tiba. Lambung kita kosong seharian karena tidak mengkonsumsi apapun. Oleh karena itu, disarankan konsumsi air putih terlebih dahulu, makanan manis dan berat. Lambung perlu dilapisi terlebih dahulu sebelum mencicipi kopi.

Pilih kopi dengan kafein yang rendah

Kopi mengandung kafein, dimana kafein ini adalah zat yang memberi beragam efek pada tubuh. Selama bulan Ramadhan, disarankan untuk mengkonsumsi kopi dengan kandungan kafeinnya yang rendah. Misalnya mengkonsumsi kopi Arabika ketimbang Robusta untuk sementara waktu. Namun, jika kondisi tubuh anda baik-baik saja silahkan lanjut dengan Robusta.

Idealnya ngopi 2 jam setelah berbuka

Agar aman saat mengkonsumsi kopi di bulan Ramadhan, konsumsilah kopi 1,5 atau 2 jam setelah berbuka. Waktu 2 jam ini dinilai aman karena tubuh sudah beradaptasi terlebih dahulu dengan makanan dan minuman pasca berbuka. Namun hal ini kembali lagi terhadap kondisi tubuh masing-masing, dikarenakan kondisi tubuh orang berbeda-beda.

Minum kopi dengan benar dan tidak berlebihan

Konsumsilah kopi dengan benar maksudnya adalah konsumsi kopi dengan cara yang sehat. Tahu asal usul kopi, menyeduh sendiri dan menggunakan kopi yang segar adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan agar dapat mengkonsumsi kopi dengan benar. Minum kopi juga jangan berlebihan, anda tidak mau bangun kesiangan dan tidak bisa sahur bukan? Oleh karena itu konsumsilah kopi secukupnya.

Selamat menunaikan ibadah puasa untuk #coffeeland_indonesia_partners semua. Jaga selalu kesehatan yaa!

Untuk pemesanan dan pembelian kopi single origin, dapat melalui tim marketing kami via whatsaap atau Tokotalk Coffeeland Indonesia

 

  

Sumber: majalahotten.com

 

Leave a Reply

WhatsApp chat