Espresso Ekstraksi ‘the god shot’

Espresso yang sempurna dikenal di kalangan barista sebagai ‘the god shot’ karena mereka mengira itu adalah secangkir yang akan terasa indah, bahkan sampai palet yang paling tajam. Barista yang bekerja di kedai kopi di seluruh dunia mencari ‘the god shot’ di setiap cangkir yang dibutanya, tapi tidak selalu mendapatkannya karena sifat bahan dan varian proses yang mudah menguap, beberapa di antaranya yaitu, dari kontrol barista ‘the god shot’ berusaha mengekstrak bahan aromatik berharga dari 800 yang ditemukan secara ilmiah terdapat pada roasted bean. Dan juga penting dalam mempertahankan kualitas air, peralatan, suhu, tekanan, timing dan faktor penyimpanan.

Espresso yang berkualitas memang sulit di dapatkan karena Espresso berkualitas tidak mengikuti garis pemikiran linier dimana peningkatan jumlah input berkualitas harus menghasilkan peningkatan kualitas output yang sesuai. Yaitu dalam pemikiran linier, jika Anda mendapatkan 8 dari 10 masukan kualitas, Anda harus mendapatkan output kualitas 80%.Tidak benar. Kualitas espresso lebih eksponensial dalam tingkah lakunya, karena sampai Anda mendapatkan 10 dari 10 masukan kualitas, Anda bahkan tidak akan mendekati hasil kualitas 100%. Pada skala eksponensial, mendapatkan 8 dari 10 input berkualitas hanya menghasilkan 2 dari 10 output berkualitas.

Mengekstrak ‘the god shot’
Semua minuman kopi espresso, entah itu hitam (espresso), macchiato atau susu menambahkan putih datar, 
cappuccino dan caffe latte, dibangun di atas kualitas ekstrak kopi. 
Berikut adalah daftar tersusun rapi dari 10 masukan kualitas yaitu pra-syarat untuk mengekstrak, 10 dari 10 keluaran espresso sempurna ‘the god shot’:
  1. Pilih mesin espresso yang tepat 
    Orang-orang Italia memiliki sejarah panjang dan inventif dalam pembuatan mesin kopi espresso, dimulai dengan penemuan Angelo Moriondo pada tahun 1884. Jadi Gunakalah mesesin espresso bermerek Italia yang dihormati, dengan 2-4 kepala kelompok Feama E61 yang dipatenkan Italia, infuser awal, boiler yang cukup besar (atau 2) dan P.I.D. kontrol sehingga kapasitas uap dan stabilitas suhu terus dijaga, bahkan untuk lingkungan pembuat espresso yang paling sibuk sekalipun.

  2. Pilih penggiling yang tepat
    10 masukan berkualitas penting untuk mengekstraksi ‘the god shot’. Untuk kopi bubuk halus yang diukur dengan volume yang tepat, membutuhkan penggiling yang berputar dengan cepat,  yang kuat juga dapat berputar cepat secara konsisten sehingga dapat menghasilkan kopi bubuk yang sempurna untuk di gunakan espresso dengan ekstraksi ‘the god shot’. Kebanyakan kedai kopi  pembuat espresso berkualitas menggunakan penggiling Mazzer terbaik dari Italia.

  3. Perhatikan dengan cermat kebersihan peralatannya 
    Memeriksa rutin  mesin espresso, membersihkan setiap penumpukan skala kalsium di mesin espresso, mengganti saringan air, mengisi kembali isi pelembut air dan umumnya memeriksa apakah mesin espresso bekerja sesuai pabrikan. itu semua akan membantu dalam pembuatan espresso ekstraksi ‘the god shot’.

  4. Gunakan air yang paling murni 
    Mengingat bahwa air merupakan 95% peran penting dalam membuat espresso, ada beberapa yang harus diperhatikan  untuk mendapatkan  hasil espresso yang berkualitas. Kualitas air yang dihubungkan dengan mesin espresso, dapat berpengaruh  pada selera espresso, kinerja dan keandalan peralatan peyeduh. Tapi untuk menghasilkan espresso terbaik, filter air diperlukan sebelum air memasuki mesin espresso untuk menghilangkan bahan tersuspensi yang tidak diinginkan dan klorin. Kekerasan air (jumlah kalsium dan magnesium di dalam air) adalah masalah lain yang perlu dipertimbangkan dalam mengejar ‘the god shot’. Saringan air tidak akan menghilangkan mineral ini sehingga anda juga perlu menghubungkan pelunak air ke suplai air, yang menggantikan kandungan kalsium dengan sodium.

  5. Pilih biji kopi berkualitas
    Biji kopi berkualitas berarti memilih kelas premium dari jenis kopi yang tepat dari negara / perkebunan yang tepat dan diroasting sampai tingkat optimal untuk pembuatan kopi espresso. Spesies kopi Arabika yang diroasting gelap, menghasilkan cita rasa espresso terbaik dan seharusnya menjadi pilihan anda dalam mengejar ‘the god shot’.

  6. Pertahankan kesegaran kopi
    Kelembaban menyebabkan senyawa aromatik dalam kopi mengoksidasi dan menghancurkan selera aromatik halus dan menggantinya dengan bau yang tengik. Selanjutnya, setelah mendarat, aroma yang paling berharga di dalam kopi hilang segera setelah proses penggilingan jika tidak digunakan dalam 15 menit. Aldehida adalah senyawa aroma yang paling halus dan mudah menguap yang tercipta dalam Reaksi Pencucian Maillard Reaction  dari proses roasting. Senyawa ini memberi kopi aroma manis, karamel, “seperti mentega”, buah / seperti bunga, namun mudah teroksidasi. Untuk memepertahakn kesegaran dan memertahankan aromatik kopi, sangat penting untuk menjaga kualitas rasa dan aroma kopi, yaitu dengan di tempatkan di tempat yang gelap serta kedap udara dan disimpan di tempat kering dan sejuk. Maka anda akan mendapatkan kesempatan terbaik anda dalam membuat espresso ‘the god shot’.

  7. Ciptakan resistansi yang sempurna
    Resistensi yang sempurna adalah dimana tekanan dari pompa mesin espresso yang memenangkan pertempuran saat dihadapkan dengan perlawanan dari keranjang kopi portafilter yang dikemas dengan ketat. Semakin dekat anda dapat memanipulasi elemen untuk menciptakan ketahanan yang sempurna, semakin baik kesempatan anda untuk mengekstraksi ‘the god shot’.Di satu sisi resistansi sempurna adalah pompa volumetrik yang kuat diatur ke 9-10 bar tekanan saat penggalian. Anda akan tahu bahwa Anda memiliki daya tahan yang sempurna ketika satu setengah sendok teh kopi bubuk menyebabkan pompa berhenti dan lampu pada mesin espresso berkedip. Ekstraksi kopi dari resistansi sempurna akan tertunda 3-5 detik setelah menekan tombolnya, mulailah dengan menetes perlahan dalam kerapatan seperti madu yang tebal, bangun ke tampilan ekor tikus saat ekstraksi espresso mengepul di bawah jeruji portafilter dan menetes dengan menipis.

  8. Dapatkan pengaturan pra-ekstraksi dengan benar 
    Menghilangkan semua bekas biji kopi yang sebelumnya habis. Dari pelek portafilter, anda harus menyiram air melalui kepala pancuran untuk mengatur ulang suhu di kepala pancuran sampai tingkat optimum untuk ekstraksi sempurna, anda harus  memperhatikan alat pengukur untuk memastikan bahwa tekanan boiler (suhu) dan tekanan pompa diatur dan siap secara optimal dan anda harus menghilangkan biji kopi baru yang berlebihan dari tepi portafilter karena mereka menciptakan segel yang tak tertembus dengan kepala kelompok di mesin espresso.

  9. Dapatkan timing dengan tepat
    Waktu adalah bagian penting dari Extracting ‘the god shot’ dan ahli barista memperhatikan semua, dari mulai biji kopi itu digiling, sampai saat dibutuhkan untuk melibatkan portafiler yang sekarang diisi dengan mesin espresso dan memulai proses ekstraksi setelah air memerah, sampai saat dibutuhkan setelah ekstraksi untuk menyajikan espresso ke pelanggan. Ahli barista mencari waktu minimal di masing-masing titik sentuhan ini untuk memaksimalkan potensi ekstraksi espresso yang sempurna.

  10. Kembangkan ‘Eye of the Barista’ 
    Mata barista dikembangkan dari mempelajari penyebab dan mempengaruhi hasil dari puluhan ribu ekstraksi espresso. Barista yang hebat dapat secara akurat menilai rasa kopi espresso murni pada tampilan dan bentuk ekstraksi. Selain memperhatikan semua elemen pembuat rasa lainnya, mereka tetap memperhatikan dengan pasti kecepatan, warna, tekstur dan bentuk ekstraksi espresso untuk menilai keberhasilan.

Coffeeland Indonesia menyediakan beberapa Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin dari beberapa daerah Indonesia yang sudah dikenal baik di dalam maupun di luar negri. Ada beberapa jenis kemasan Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin untuk anda coba, agar anda bisa menemukan karakter rasa kopi apa yang cocok untuk memanjakan lidah anda. Kemasan yang tersedia mulai dari 125gr, 250gr, 500gr hingga 1Kg.

Source : 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *