TIPS MENIKMATI KOPI SAAT MUDIK

Bagi pecinta kopi pasti tak bisa hidup tanpa kopi. Dan di kampung halaman belum tentu ada kopi yang kenikmatannya sama besar seperti yang biasa anda seduh sendiri. Tak hanya itu, di saat mudik tak jarang anda menghabiskan waktu berjam-jam di jalan (jika pulang kampung melalui jalan darat). Pastinya anda tidak ingin hanya karena  perjalanan panjang rutinitas ngopi yang tak bisa dilewatkan jadi terhalang. Nah, kali ini kami akan meberikan tips sederhana yang bisa membantu penikmat kopi melewati perjalanan pulang ke kampung halaman dengan lebih menyenangkan.

  • Pemilihan Alat Kopi

Alat kopi ‘khusus’ yang dimaksud di sini adalah alat-alat seduh yang memang diciptakan untuk penggunaan outdoor dan bahkan mobile.  Ada beragam pilihan alat kopi. Untuk pecinta manual brew mungkin bisa memilih Cafflano, alat seduh 4 in 1 yang di dalamnya sudah ada dripper, tumblr, kettle dan hand grinder. Atau bawalah Aeropress dan siapkan metal filter saja agar tak perlu repot membasahi paper filter. Untuk yang suka dengan espresso, alat yang dipilih juga beragam. Mulai dari MinipressoHandpresso, hingga Handpresso Auto Hybrid yang memang diciptakan untuk ngopi saat berkendara. Semua tergantung selera, yang jelas alat-alat kopi ‘khusus’ ini sangat memudahkan ritual ngopi saat mudik.

Saat di perjalanan usahakanlah menyeduh sesimpel mungkin, supaya tidak repot menggiling kopi, usahakan biji kopi sudah digiling untuk beberapa kali minum kopi. Juga jangan membuang ampas dan paper filter di sembarang tempat. Supaya lebih simpel, kami sarankan mengunakan metal filter dan Kone saja.

  • Membawa Termos Air

Membuat kopi tentunya membutuhkan air. Supaya tidak repot mencari air panas saat ingin membuat kopi di jalan, siapkan termos air dan isi dengan air panas. Pastikan selalu mengisi penuh termos air. Karena kita tidak tahu kapan keinginan menikmati kopi datang dan situasi perjalanan yang kadang lebih panjang dari biasanya.

Demikian tips sederhana untuk menikmati kopi di saat mudik. Semoga tips ini dapat membantu anda, selamat mudik dan hati-hati di jalan.

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7.