APLIKASI ANDROID DAN IOS  UNTUK PECINTA KOPI

Kopi semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi di Indonesia, yang memiliki banyak jenis kopi di setiap daerahnya. Berbicara mengenai hubungan kopi dengan perkembangan teknologi di saat ini, ternyata telah bermunculan begitu banyak aplikasi IOS dan Android yang dapat membantu untuk memperluas pengetahuan tentang kopi dan juga cara membuat kopi yang sempurna. Berikut ini adalah beberapa aplikasi canggih yang wajib dimiliki oleh para penikmat kopi:

  • KoHi

KoHi yang di buat oleh KoHi Labs  menghadirkan berbagai metode manual brewing yang banyak digunakan seperti Chemex, French Press, V60, Aeropress, atau pun metode lainnya. Selain itu juga anda dapat menentukan sendiri berapa banyak rasio perbandingan biji kopi dan air yang harus digunakan untuk melakukan proses penyeduhan kopi. Aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai berapa lama waktu yang akan dibutuhkan. Bahkan, KoHi juga dapat menentukan suhu air yang baik untuk kopi agar hasil kopi sempurna. Tentunya, dengan langkah-langkah sederhana yang akan memudahkan para penggunanya.

KoHi – Pour Over Coffe Brewing sangat direkomendasikan untuk kamu pecinta kopi yang ingin meracik kopi seperti yang biasa ada di coffeeshop kekinian. KoHi sendiri adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk meracik kopi bak barista profesional.

  • Coffitivity

Bukan berisi cara dan teknik menyeduh kopi, Coffitivity merupakan sebuah aplikasi unik yang akan membawa suasana cafe masuk ke dalam rumah. Aplikasi gratis yang dapat diunduh oleh pengguna Android maupun iPhone ini berisi rekaman suara-suara yang biasanya umum kita temui di coffeshop.

Suara-suara bising yang biasa kita rasakan saat mengunjungi coffeeshop dipercaya dapat membuat mood membaik, serta meningkatkan konsentrasi. Dengan Coffitivity, kamu dapat berlatih meracik kopi sambil mendengar suara bising ‘pengunjung’ seakan-akan berada di gerai kopi yang sebenarnya.

Aplikasi ini memiliki berbagai pilihan suara yang bisa didengarkan dengan menggunakan headset atau pun earphone, dan bakal membawa anda seolah-olah sedang berada di sebuah kedai kopi.

Bagi sebagian orang, kedai kopi dianggap sebagai sebuah lokasi yang tepat untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan bersama laptop mereka. Hal tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian yang membuktikan bahwa suara dan suasana yang ada di kedai kopi ternyata dapat membantu orang-orang untuk lebih berkonsentrasi dalam bekerja.

  • Intelligentsia Coffee

Intelligentsia Coffe adalah sebuah aplikasi yang cocok untuk anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang jenis-jenis biji kopi yang ada di dunia. Tidak hanya meyediakan beragam jenis biji kopi berkualitas secara online saja, aplikasi ini menjadi andalan bagi penikmat manual brewing. Dengan aplikasi ini anda dapat belajar langkah-langkah untuk membuat kopi dari awal sampai akhir, berapa banyak biji kopi yang dipakai, lalu tenik manual brewing yang digunakan, serta durasi waktu yang diperlukan.

  • Art of Coffee

Ini adalah aplikasi untuk para pecinta latte art atau seni menggambar di atas foam latte. Tidak perlu mengikuti latihan di sekolah barista profesional, aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone android ini menyediakan 30 desain latte art yang dapat dipraktikkan di rumah, lengkap dengan foto dan videonya.

Di aplikasi ini, desain latte art dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu beginner category latte art untuk pemula, intermediate category latte art untuk tingkat menengah hingga desain untuk para profesional yang dapat ditemukan pada kategori advanced category latte art.

  • Spro

Bagi anda pemula di bidang perkopiaan, aplikasi ini sangat baik diinstal. Sebab ada banyak pilihan minuman espresso yang bisa anda racik dengan mudah. Anda dapat mencoba membuat mocha, latte macchiato, flat white, cortado, atau cappucino, dengan mengikuti langkah-langkahnya.

  • Coffee Cup

Aplikasi ini dapat memeberikan panduan untuk menghasilkan kopi terbaik. Ada banyak metode brewing yang bisa anda ikuti. Anda tinggal pilih metode yang anda inginkan untuk bisa merasakan kopi yang enak.

  • AeroPress Timer

Aeropress Timer merupakan aplikasi penting untuk membuat kopi. Di dalam aplikasi ini terdapat sejumlah resep unik kopi, seperti The Classic, The Charger, The Bold, dan The weaver. Setiap resep sudah dilengkapi dengan volume air yang dibutuhkan serta metode brewing yang ingin dilakukan.

  • Brewseful

Aplikasi kopi ini dilengkapi dengan timer yang memudahkan anda untuk memastikan setiap tahapan berlangsung secara benar. Setiap proses pembuatan yang anda lakukan pun bisa disimpan sehingga bisa digunakan lagi di waktu mendatang.

  • SlowBar

Aplikasi ini menawarkan sejumlah resep brewing kopi yang berasal dari cafe terkenal. Setiap tahapan mudah untuk dipahami dan diikuti. Dilengkapi juga dengan timer yang memastikan prosesnya tepat

  • The Coffee Brew App

Aplikasi ini dapat membuat anda menciptakan kopi yang mantap. Dilengkapi dengan timer serta pilihan untuk memberikan rating atas racikan kopi yang sudah anda buat. Juga ada fitur history yang bisa memberikan anda statistik untuk mengetahui apakah ada perkembangan dari brewing yang sudah anda lakukan.

Demikianlah aplikasi kopi terbaik yang dapat menjadikan anda dapat membuat kopi seperti barista professional.Anda dapat menginstall aplikasi ini di Hand Phone anda.

Source: 1, 2.

Leave a Reply