HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAAN SAAT MENYEDUH COLD BREW COFFEE

Penyeduhan kopi dengan metode cold brew kini sudah tidak asing lagi didengar oleh penikmat kopi. Tapi, tahukah anda, bagaimana cara membuat cold brew coffee yang benar dan rasa yang nikmat? Cara pembuatan cold brew ini bukan hanya menambahkan es ke dalam kopi yang panas, akan tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika melakukan proses penyeduhan kopi dengan metode cold brew agar mendapat hasil yang maksimal. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Pahami teori cold brew

Pada dasarnya membuat kopi cold brew bukan menuang kopi panas ke cangkir penuh es batu, melainkan menyeduhnya dengan air seduhan dengan suhu ruangan. Akan berbeda membuat kopi cold brew tanpa memahami teori dasar, sederhananya metode penyajian bubuk kopi yang direndam dan didinginkan kemudian disaring. Selanjutnya, akan sangat nikmat disajikan dengan es batu, karakter rasa akan semakin lembut.

Perhatikan gilingan biji kopi

Faktanya seberapa halus biji kopi memberikan pengaruh terhadap ekstraksi akan rasa, tentunya bubuk kopi yang halus dengan bubuk kopi yang kasar memiliki perbedaan ekstraksi dan hal ini juga terkait dengan karakter rasa. Semakin halus bubuk kopi akan menciptakan karakter rasa yang lebih tajam, dan sebaliknya.

Rasio harus sesuai

Umumnya rasio yang di gunakan untuk menyeduh kopi cold brew adalah 1 : 8 yang berarti untuk 1 takaran kopi sama dengan 8 takaran air. Rumus ini adalah rumus baku untuk mendapatkan rasa kopi yang nikmat.

Menggunakan alat kopi

Pertimbangkanlah untuk memakai alat pembuat kopi, karena jika menggunakan teko tanpa filter memungkinkan akan rumit pada tahap penyaringan. Anda dapat menggunakan alat kopi seperti french press karena bisa langsung memisahkan kopi dengan ampas.

Jangan terpaku pada suhu dingin

Untuk menyeduh kopi colw brew ternyata tidak harus selalu menggunakan air dingin. Jika anda tidak memiliki waktu yang banyak, anda bisa mempercepat prosesnya dengan menyeduh terlebih dahulu dengan air panas. setelah air rendaman berada pada suhu ruang, kita baru bisa memasukannya kedalam kulkas.

Setelah anda mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan saat menyeduh kopi dengan metode cold brew, maka saatnya anda menyiapkan kopi specialty yang akan anda seduh. Untuk mendapatkan rasa kopi yang nikmatnya tentunya tidak hanya mahir dalam teknik manual brewing tetapi kualitas kopi juga sangat mempengaruhi rasa dan aromanya. Coffeeland Indondonesia sangat mengerti dengan apa yang anda butuhkan, karena Coffeeland menyediakan kopi Arabika single orgin specialty, diantaranya: Arabika Papua Wamena, Arabika Flores, Arabika Aceh Gayo, Arabika Bali Kintamani, Arabika Java, Arabika Malabar, Arabika Blue Korintji, Arabika Mandheling dan Arabika Toraja. Dengan kemasan yang tersedia: 1kg, 500gr, 250gr dan 125gr. Untuk Pemesanan anda dapat menghubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >>

  

Source: 1

Leave a Reply