HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT ME-ROASTING KOPI

Roasting merupakan proses penting untuk menentukan karakteristik rasa dan aroma pada racikan kopi. Meskipun dengan biji kopi yang sama,

Roasting merupakan proses penting untuk menentukan karakteristik rasa dan aroma pada racikan kopi. Meskipun dengan biji kopi yang sama, tetapi jika profil roasting yang dilakukan berbeda dapat menghasilkan rasa yang

berbeda pula. Untuk menghasilkan kopi roasting yang baik yakni yang beraroma nikmat dan rasa yang khas, ada 6 hal yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Memilih biji kopi

Sebelum diroasting, biji kopi yang dipilih merupakan biji kopi yang berwarna merah. Selain itu, harus mengetahui kepadatan biji kopi yang akan di-roasting. Biasanya biji kopi yang ditanam di dataran yang lebih tinggi, isinya jauh lebih padat. Meskipun panennya termasuk lama, tetapi hasil biji kopi yang dihasilkan sangat bagus.

  1. Lama ketahanan biji kopi

Kopi yang sudah di-roasting dan belum menjadi bubuk, bisa disimpan hingga 3 bulan asalkan tidak ditempatkan di suhu yang panas. Namun, ketika sudah menjadi bubuk hanya bisa bertahan sampai 3 minggu.

  1. Mengatur temperatur

Mengatur temperatur juga harus hati-hati, jangan berpatok apa angka di alat roasting saja, karna bisa saja berbeda. Dibutuhkan feel untuk itu, dilihat rasanya, aromanya dan warnanya

  1. Pemilihan mesin

Pemilihan mesin dibutuhkan untuk melakukan roasting. Karena hal tersebut berhubungan dengan transfernya. Ada tiga jenis mesin yaitu, conduction, confection dan radition. Ketiganya berkenaan dengan api yang digunakan untuk meroasting.

  1. Waktu Sangrai

Waktu sangrai umumnya berkisar antara 10 – 15 menit tergantung tingkat sangrai yang diinginkan serta kadar air biji kopi.

  1. Suhu

Kisaran suhu ideal untuk penyangraian adalah 195 – 205 derajat celcius. Suhu 190 –  195 derajat celcius untuk tingkat sangrai ringan (biji kopi berwarna coklat muda), suhu 200 – 205 derajat celcius untuk tingkat sangrai sedang (biji kopi coklat tua) serta suhu diatas 205 derajat celcius untuk tingkat sangrai maksimum (biji kopi coklat tua kehitaman).

Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum me-roasting kopi, tertarik belajar roasting kopi sendiri? Share with us ya.

Terkait pemesanan kopi, Coffeeland menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty,Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

  

Sumber: food.detik.com

Leave a Reply

WhatsApp chat