MEMBUAT LILIN AROMA TERAPI BERBAHAN KOPI

Pada umumnya, orang-orang akan meminum kopi untuk menghilangkan rasa kantuknya dan mengembalikan semangat yang sudah redup. Tapi tahukah anda, bahwa sebenarnya dengan menghirup aroma kopi, tubuh anda juga akan mendapatkan manfaatnya.

Selain rasanya yang mantap, kopi juga memang terkenal dengan aromanya yang menenangkan.  Lalu bagaimana cara membuat lilin aroma terapi dari biji kopi untuk ruangan rumah.

Ada dua cara membuat aroma terapi kopi dengan lilin, yang pertama menggiling biji kopi terlebih dahulu dan membuatnya menyatu pada lilin, yang kedua tidak perlu mencampurnya cukup menyebarkannya di sekeliling lilin agar panas lilin membuat biji kopi mengeluarkan aroma, mudah kan? Yuk simak cara pembuatannya.

Source

Bahan – bahan:

500 gr  Soy wax atau paraffin wax (potong-potong)

1 – 2 sdm  ground coffee

1 sdt  Roasted bean untuk hiasan

Thermometer

Cetakan lilin

Spray oil

Sumbu lilin

Hairdryer

Cara Pembuatan: 

  1. Rebus air dalam panci besar, lalu kecilkan api agar airnya tidak mendidih, dan taruh mangkuk tahan panas diatas panco (pastikan bagian bawah mangkuk tidak menyentuh air dibawahnya)
  2. Masukan lilin kedalam mangkuk dan biarkan meleleh, dan Aduk sesering mungkin. Gunakan thermometer untuk memastikan suhu tidak melebihi 900C
  3. Tambahakan ground coffee dan roasted bean,aduk hingga merata lalu matikan api.
  4. Masukan sumbu kedalam cetakan yang sudah disiapkan, posisikan sumbu secara vertikal. Tuang lilin dengan hati-hati, tunggu hingga agak dingin agar bisa diatur. Lilin terkadang menyusut ke bagian tengah saat dingin.  Gunakan hairdryer untuk menghilangkan gelembung udara dan menghaluskan bagian atas lilin
  1. Taburkan roasted beand di atas permukaan lilin. Potong sumbu dan kemudian simpan lilin selama kurang lebih 24 jam sebelum digunakan.

Selanjutnya anda dapat meletakkan lilin yang sudah anda buat di sudut ruangan, nyalakan dan aroma harum kopi akan memenuhi ruangan. Selamat mencoba!

 

Source: 1, 2.

Leave a Reply