MENGGUNAKAN MARKETING MIX UNTUK BUSINESS PLAN COFFEE SHOP

Banyaknya coffee shop yang yang terdapat di berbagai tempat menjadi keunikan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Hal ini juga menimbulkan daya saing yang tinggi antar pemilik coffee shop, sehingga dibutuhkan suatu strategi optimal untuk dapat bersaing dengan pemilik coffee shop lainnya. Penentuan strategi optimal menggunakan tujuh strategi seperti produk, harga, tempat, promosi, orang, packaging, dan positioning yang dikenal dengan istilah marketing mix.

Marketing Mix 7P adalah sebuah strategi untuk mengoptimalkan pemasaran yang anda lakukan. Strategi ini terdiri dari 7 konsep, yaitu product, price, promotions, place, packaging, positioning, dan people.

Menerapkan marketing mix 7P pada coffee shop anda dapat memperkuat strategi pemasaran untuk rencana bisnis anda, mencakup gambaran / peninjauan industri dan market Anda (Industry & Market Analysis), dan juga menganalisis posisi pasar dimana anda dan kompetitor anda berada (Competitive & Internal Analysis). Dan sekarang, kami akan menggunakan konsep 7p dari marketing mix untuk memperkuat  dan membangun strategi marketing bisnis anda.

Menggunakan marketing mix untuk memperkuat strategi marketing

Saat anda menerapkan marketing mix 7p, ada baiknya anda mengingat agar dapat membandingkan elemen marketing mix dari kompetitor anda. Dari sini anda akan mendapatkan celah informasi untuk mengetahui kebutuhan pelanggan anda. Strategi pemasaran yang kuat akan menentukan cara mengatasi kebutuhan pelanggan dan terpisah dari persaingan pasar. Nah, apa saja penjelasan lengkap dari masing-masing “P” yang sudah disebutkan sebelumnya? Yuk kita bahas dibawah.

  • Produk

Konsep produk yang ditawarkan harus menarik untuk calon konsumennya. Seperti apa tampilan menunya, kualitas menunya, menu-menu apa yang anda jual, harus dijabarkan dalam strategi pemasaran. Hal ini juga dapat menjadi bahan untuk membuat cerita atau mengemas pemasaran produk tersebut.

  • Price ( Harga)

Harga produk atau jasa adalah bagian selanjutnya dari marketing mix 7p ini. Pada bagian ini, anda perlu menjabarkan berapa harga yang sesuai untuk produk yang anda jual. Berapa biaya untuk menghasilkan produk anda, Bagaimana pelanggan memahami nilai produk anda. Harga bisa jadi salah satu “senjata utama” dalam pemasaran. Karena mungkin saja ada produk atau jasa serupa yang berani “banting harga” dan memenangkan persaingan. Berikut adalah beberapa metode penetapan harga untuk dipilih:

  • Menentukan harga berdasarkan persaingan harga pasar
  • Menentukan harga berdasarkan nilai dari rpoduk tersebut
  • Menetukan harga dengan berdasarkan perhitungan produksi dan biaya yang dikelurarkan untuk menghasilkan produk tersebut.

Pada umumnya, penentuan harga harus disesuaikan dengan permintaan dan ekspektasi konsumen juga melakukan penyesuaian harga dengan kompetitor agar anda dapat mendapatkan harga yang sesuai. Jika anda memberikan harga terlalu tinggi dari harga pasaran, anda mungkin akan kehilangan pelanggan, Jika anda memberikan harga terlalu rendah, beberapa orang mungkin akan meremehkan produk yang anda jual, karena beberapa orang menganggap kualitas produk dapat dilihat dari harganya.

  • Promotion (Promosi)

Bagaimana anda dapat berkomunikasi dengan konsumen (potensial)? Dan iklan seperti apa yang dapat membuat menarik perhatian konsumen? Sekarang, anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk anda.

  • Place (Tempat)

Kemana orang-orang datang untuk membeli kopi anda? Dengan tempat yang strategis, maka akan mempermudah calon pembeli untuk mengenali jenis usaha yang dilakukan. Misalnya memilih lapak di pinggir jalan yang ramai, atau menggunakan Google Bisnis untuk lebih mempermudah calon pembeli online mengetahui lokasi secara langsung.

Dalam bagian ini, anda setidaknya menjabarkan hal-hal berikut ini:

  • Lokasi untuk membuka toko atau kantor
  • Menyiapkan link Google bisnis untuk mempermudah pencarian
  • Membagikan peta untuk menuju ke lokasi pada media sosial

  • Packaging

Apa elemen visual kopi dari toko anda? Apa kesan yang diberikan kepada pelanggan dari awal konsumen masuk, hingga keluar meninggalkan coffee shop anda. Ini termasuk berbagai elemen visual dari brand / logo anda, desain dan dekorasi coffee shop, presentasi sajian kopi, dan penampilan karyawan.

  • Positioning

Pada bagian ini, anda harus dapat mengetahui siapa target konsumen bisnis anda dan siapa kompetitor yang akan berhadapan dengan anda. Anda dapat menawarkan apa yang konsumen tidak dapatkan dari kompetitor, entah itu dari segi pelayanan, kualitas, atau suasana dari coffee shop yang anda miliki

  • People

Peaople atau participant yang bisa diartikan sebagai SDM yang kita miliki. SDM menjadi salah satu pertimbangan dalam strategi marketing ini karena terkait individu-individu yang menjalankan prosesnya. Didalamnya bisa ditambahkan hal-hal berikut ini:

  • Jumlah penjualan yang dapat di capai setiap harinya
  • Jumlah customer service yang melayani pembeli
  • Skill yang dimiliki oleh SDM yang bekerja pada coffee shop tersebut

Marketing mix 7p ini dapat membantu anda memiliki strategi marketing yang kuat, memahami industri, pasar, kompetitor, dan juga diri anda sendiri. Semakin strategis dan terarah tujuan anda dalam keputusan bisnis, anda akan menghasilkan perencanaan marketing yang baik

Bagian Rencana Bisnis Coffee Shop lainnya:

  • Company Description
  • Products & Services
  • Marketing: Market/Industry Analysis & Competitive/Internal Analysis
  • Operations
  • Management
  • Financials

Source: 1

Leave a Reply