PENYEBAB RASA PAHIT PADA KOPI

 

Kopi merupakan biji dari buah tanaman kopi. Buah kopi yang sudah tua diambil bijinya kemudian diproses. Seperti dicuci, dikeringkan dan dipanggang dengan tingkat suhu sesuai selera. Perlakuan terhadap biji kopi yang berbeda akan menghasilkan rasa dan aroma kopi yang berbeda saat diseduh.
Kebanyakan orang mengenal kopi dengan warna hitam pekat dan rasa buah yang pahit. Padahal rasa asli buah kopi seperti semburat nutty biji kopi dengan rasa mocha yang kuat bisa dinikmati jika diproses dan diseduh dengan cara benar. Lalu, faktor apa saja yang menyebabkan kopi seduhan Anda terasa pahit? Yuk simak pembahasannya!

1. Cara seduh

Cara seduh sangat mempengaruhi karakter rasa, dari mulai waktu seduh dan juga perbandingan bubuk kopi dan air yang digunakan. Bubuk kopi yang digunakan terlalu banyak sedangkan air seduhannya sedikit maka akan cenderung ciptakan rasa yang kurang nyaman. Ada baiknya memahami teori antara variabel cara seduh untuk menciptakan rasa kopi yang nikmat

2. Air panas

Menyeduh kopi termasuk perkerjaan sangat mudah. Taruh kopi bubuk dalam mug atau cangkir lalu tuangi air panas dan diamkan selama beberapa saat dan air kopi bisa dinikmati. Tetapi suhu air berperan besar dalam rasa air seduhannya.

Sebaiknya kopi diseduh dengan air yang suhunya tak lebih dari 95 derajat Celcius. Jika lebih tinggi dari suhu tersebut, air akan menarik lebih banyak rasa pahit dari biji kopi. Jika air terlalu panas, diamkan beberapa saat sebelum menggunakannya.

3. Tingkat kehalusan gilingan

Hal yang terlihat sepele dalam proses penggilingan biji kopi juga bisa membuat kopi rasanya pahit. Jika gilingan kopi terlalu halus akan membuat kopi terlalu over extracted.

Jika Anda menggunakan mesin espresso, gunakanlah kopi dengan gilingan halus. Sementara jika akan diseduh dengan French press gunakan biji kopi dengan gilingan agak kasar.

Setelah mengetahui beberapa penyebab rasa pahit pada kopi ini tentunya dapat membuat pengetahuan Anda tentang kopi menjadi bertambah.

Pastikan untuk selalu mengonsumsi kopi yang berkualitas dan terjaga kesegarannya hanya di Coffeeland Indonesia, karena Coffeeland Indonesia menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melalui nomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: food.detik.com