PERBEDAAN BLADE GRINDER DAN BURR GRINDER

Bagi anda pecinta kopi, tentunya anda sangat paham betul peranan dari coffee grinder.  Karena seorang pecinta kopi tidak hanya menilai dari kualitas biji kopinya saja, namun mereka sangat peduli mulai dari proses awal penggilingan kopi, hingga kopi itu di sajikan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai coffee grinder.

Ada dua jenis penggiling kopi di dunia, yaitu blade grinder dan burr grinder. Lalu apa perbedaan dari masing-masing grinder tersebut?

Blade Grinder

arti dari blande grinder adalah grinde yang menggunakan pisau penggiling yang sangat tajam yang terletak tengah-tengah mesin penggiling yang terlihat seperti baling – baling dan berputar dengan kecepatan tinggi.

Blade grinder adalah tipe grinde yang menggunakan pisau penggiling yang sangat tajam yang terletak tengah-tengah mesin penggiling yang terlihat seperti baling – baling dan berputar dengan kecepatan tinggi. Blade grinder biasanya sangat mudah digunakan, anda tinggal memencet tombol yang tersedia, maka biji-bji kopi yang digiling dapat hancur seketika.

 

 

 

Sayangnya, hasil gilingan dari blade grinder ini tidak seragam, grinder dengan jenis blade grinder tidak dilengkapi pengaturan ukuran tingkat kehalusan bubuk kopi yang dihasilkan. Selain itu, kekurangan dari blade ginder adalah karena putaran pisau penggiling sangat cepat, maka mengakibatkan suhu pada kopi naik, sehingga akan mempengaruhi aroma dan rasa kopi.

 

 

 

Burr Ginder

Burr Grinders menggunakan dua permukaan abrasif atau burr untuk menggiling biji kopi,

Burr grinder adalah grinder dengan mata pisau bergerigi yang dapat menghasilkan gilingan kopi yang presisi dan dengan konsistensi yang sangat baik, dan karena hal ini lah grinder tipe ini adalah tipe penggiling kopi paling akurat. Burr grinder dilengkapi dengan pengaturan tingkat gilingan, mulai dari fine (halus) hingga tingkat gilingan coarse (kasar). Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

 

 

 

 

Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh burr grinder adalah harganya lebih mahal dibandingkan dengan blade grinder, karena burr grinder biasanya terbuat dari besi baja, keramik atau material titanium. Selain itu pengoperasiannya tidak sesederhana blade grinder. Panas yang dihasilkan dalam proses penggilingan sangat sedikit sehingga dapat menghasilkan rasa  kopi yang utuh dan nikmat.

 

 

Blade Grinder VS Burr Grinder, mana yang lebih baik?

Jawabannya adalah burr grinder. Karena burr grinder dapat menghasilkan hasil gilingan yang konstan sehingga dapat menghasilkan rasa kopi yang nikmat.

Setelah anda tahu perbedaan Blade Grinder dan Burr Grinder, maka tinggal saatnya anda memilih Grinder seperti apa yang akan di gunakan. Anda tidak usah bingung untuk mendapatkan Grinder kopi, karena Coffeeland Indonesia menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian grinder dan mesin kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App >> Klik :

 

  

 

 

Source :

javapresse.com

stories.starbucks.com

Leave a Reply