Kebanyakan orang akan mengkonsumsi kafein disaat mereka sedang dalam mood yangkurang baik. Kafein memang terkenal dapat memperbaiki mood yang sedang buruk, menjaga tubuh tetap bersemangatm dan dapat meningkatkan konsentrasi. Namun, tahukah anda ternyata diperlukan takaran yang tepat untuk mendapatkan efek kafein yang maksimal.

Source

Para ilmuan menemukan, manfaat kopi didalam tubuh dengan takaran yang tepap dapat menghilangkan kelelahan dan membuat tubuh tetap fokus dan terjaga. Caranya adalah dengan mengkonsumsi 200 mg kafein atau setara dengan dua cangkir kopi setelah bangun tidur, dan 200 mg kafein lagi epat jam kemudian.

Takaran kafein juga dapat dilihat dari lamanya waktu tidur. Bagi seseorang yang memakan waktu tidur selama 5 jam, dapat mengkonsumsi secangkir kopi untuk mengawali pagi pada jam 7 pagi, dan minum kopi berikutnya pada jam 9 pagi. Manfaatnya, dapat meningkatkan fokus kerja 40 % selama empat jam.

Konsumsi kafein memang perlu untuk menjaga mood dan produktivitas kerja. Namun, anda juga harus mempertimbangkan takaran dan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Konsumsi kafein yang berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kegelisahan, sulit tidur, hingga gagal jantung. Tidak hanya itu, konsumsi kafein secara berlebihan pun dapat menimbulkan efek lainnya. Seperti memengaruhi kesehatan pada tulang, otak dan reproduksi.

 

Source: 1,2