TEMPERATUR AIR UNTUK SEDUHAN KOPI SEMPURNA

Source

Temperatur air sangat penting untuk menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat. Jika anda pecinta kopi, tentunya sudah familiar dengan rasa kopi yang pas. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi cita rasa kopi, salah satunya adalah temperatur air.  Kali ini kami akan membahas temperatur air yang paling tepat untuk menyeduh kopi yang sempurna.

Pentingnya Temperatur Air Untuk Seduhan Kopi

Tentunya anda sudah mengerti jika proses ekstraksi kopi membutuhkan air dengan temperatur yang tepat untuk mengeluarkan rasa dari kopi tersebut. Jika air yang anda gunakan terlalu panas, maka hasil kopi akan terlalu pahit. Begitu juga sebaliknya jika air yang anda gunakan terlalu dingin, maka hasil seduhan kopi anda akan terlalu asam dan rasanya juga tidak terlalu kuat.

Temperatur Ideal Untuk Seduhan Kopi

Dari National Coffee Association, temperatur menyeduh kopi terbaik adalah 195oF hingga 205 oF atau dengan kata lain 90oC – 96oC. Sebetulnya, temperatur menyeduh kopi memang kembali ke masing masing penikmat kopi tersebut. Akan tetapi sebaiknya, jangan gunakan suhu melebihi 96 derajat celcius sebab akan membuat kopi terasa pahit dan rasa kopi tersebut juga akan lebih cepat hilang.

Cara Mengontrol Temperatur Air

Agar anda bisa mengontrol temperatur menyeduh kopi, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa anda lakukan yakni memakai termometer.

Hal penting yang harus diingat dalam temperatur menyeduh kopi adalah seberapa suhu yang anda gunakan nantinya juga akan berpengaruh pada hasil akhir kopi yang anda buat.

Semakin tinggi temperatur menyeduh kopi yang anda gunakan, maka akan mempercepat proses pelarutan air dan kopi yang sedang anda seduh. Sementara tingkat larutnya air pada kopi yang ideal adalah 1.25 hingga 1.45 tds yang tentunya akan memberikan hasil akhir berkualitas.

Apabila temperatur menyeduh kopi yang anda gunakan terlalu dingin, maka nantinya air akan sulit larut dan akan menggenang di permukaan dripper jika anda menyeduh menggunakan pour over yang tentunya tidak baik untuk hasil kopi anda.

Untuk itu, gunakanlah temperatur menyeduh kopi yang tepat sehingga air tidak larut terlalu cepat dengan kopi namun juga tidak terlalu lama menggenangi kopi anda.

Source: 12.

Leave a Reply