TIPS MENGGILING KOPI YANG PERLU ANDA KETAHUI

mesin penggiling kopi

Menggiling biji kopi dirumah adalah hal yang sangat menyenangkan bagi para pecinta kopi. Karena dengan menggiling biji kopi sendiri di rumah anda tidak akan khawatir lagi akan kehilangan aroma dan cita rasa yang ada pada setiap jenis kopi. Selain itu dengan menggiling biji kopi dirumah anda juga bisa mencoba berbagai metode manual brewing dengan menggunakan berbagai jenis kopi Arabika Nusantara.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara menggiling kopi yang benar. Berikut adalah tips-tips yang perlu anda ketahui:

Jangan pernah melakukan Pre-Grind

Kopi yang sudah digiling ketahanannya akan lebih cepat dibandingkan dengan biji kopi yang utuh. Inilah sebabnya mengapa kami selalu merekomendasikan untuk membeli roasted bean  daripada kopi bubuk, agar anda dapat menggilingnya sendiri di rumah tepat sebelum kopi tersebut diseduh. Biji Kopi anda harus dijauhkan dari sinar matahari dan disimpan dalam wadah kedap udara agar kualitas kopinya tetap terjaga.

 

Menjaga Konsistensi

Konsistensi adalah kunci dalam hal penggilingan biji kopi. Konsistensi yang anda butuhkan untuk ukuran bubuk kopi tergantung pada bagaimana anda memilih cara menyeduhnya. Konsistensi penggilingan tertentu bekerja paling baik dengan metode menyeduh kopi yang spesifik untuk memberi anda secangkir kopi terbaik.

Memilih Grinder 

Ada dua jenis grinder, diantaranya adalah:

  • Blade Grinder

Jika anda baru saja mulai minum kopi, grinder dengan jenis blade grinder adalah pilihan yang bagus dan murah. Cara kerja grinder ini sama seperti blender. Anda akan dapat mengetahui cita rasa dasar dan membiasakan dinding mulut anda untuk dapat menerima cita rasa kopi yang anda nikmati. Setelah anda terbiasa merasakan cita rasa kopi, anda dapat meng-upgrade dengan menggunakan grinder dengan jenis burr grinder.

Ginder jenis blade grinder ini memiliki keterbatasan, dimana hail gilingannya tidak konsisten yang menyebabkan ekstraksi dari gilingan kopi tidak merata, dan rasa yang di hasilkan kurang memuaskan.

  • Burr Grinder

Hasil seperti apa yang ingin anda dapatkan dari burr ginder? Tentunya anda mengharapkan hasil gilingan yang sangat konsisten, agar anda mendapatkan pengalaman rasa dari mencicipi kopi. Pengalaman rasa itu dihasilkan dari ekstraksi hasil gilingan kopi yang merata.  Jadi pada saat anda mencicipinya  akan mendapatkan notes seperti cokelat, blueberry, atau almond.

Timbang Kopi Anda

Penting untuk membiasakan menimbang kopi untuk menakar kopi yang akan anda seduh. Rasio kopi yang baik untuk digunakan adalah 15 gr air berbanding 1 gr kopi. Menimbang kopi, memastikan anda agar tidak menggiling kopi lebih dari yang anda butuhkan.

Rasio air dan kopi juga dapat mempengaruhi proses ekstraksi kopi. Karena proses ekstraksi dapat terjadi ketika kopi bertemu dengan air. Air tersebut mengambil rasa, aroma, dan zat yang terkandung di dalam kopi.  Ada beberapa parameter yang harus diperhatikan pada saat menyeduh kopi, salah satunya adalah ukuran gilingan. Tingkat hasil gilingan kopi harus tepat dan konsisten untuk menghasilkan sajian kopi yang nikmat. Apabila hasil kopi tidak ideal, ada dua hal yang mungkin terjadi, yaitu: under extraction atau over extraction.

Cara Menggiling Biji Kopi Untuk Menghasilkan Peak Flavor

ukuran gilingan kopi
Source: s3.amazonaws.com

Anda pasti pernah merasakan cita rasa kopi yang tidak hilang dari ingatan anda bukan? Bisa jadi itu adalah kopi yang memiliki ekstraksi ideal. Ekstraksi ideal itu dapat terjadi karena beberapa hal, seperti konsistesi ukuran gilingan, air yang digunakan, temperatur air, dan juga jumlah rasio air terhadap kopi.
Ada beberapa tingkatan gilingan yang harus anda ketahui, diantaranya:

  • Coarse / Kasar: Ukuran gilingan mirip dengan ukuran garam laut, dan biasanya dipakai untuk penyeduhan dengan menggunakan French Press, serta untuk keperluan cupping.
  • Medium: Ukuran gilingan medium ini seperti pasir. Ukuran gilingan medium dapat dipakau untuk penyeduhan dengan metode pour over.
  • Fine / Halus: Ukuran gilingan ini seperti garam meja. Ukuran gilingan halus dapat digunakan untuk penyeduahn espresso, mokapot, dan aeropress.
  • Very Fine: Ukuran gilingan ini halus seperti tepung. Ukuran gilingan very fine cocok digunakan untuk metode penyeduhan Ibrik atau kopi turiki.

Perlu diingat juga tidak semua grinder dapat menghasilkan hasil gilingan kopi yang sama. Itu sebabnya kenapa kita harus menyetel grinder hingga menghasilkan tingkatan kehalusan yang kita inginkan. Seperti mempelajadi ilmu baru, eksperimen penyeduhan kopi sangat diperlukan anda bisa mendaptakan hasil seduhan yang maksimal.

Jika anda ingin memiliki mesin grinder terbaik untuk eksperimen seduhan kopi anda. Coffeeland Indonesia menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian grinder dan mesin kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App >> Klik :


  

 

 

Source : beanbox.com

 

One thought on “TIPS MENGGILING KOPI YANG PERLU ANDA KETAHUI

  1. Pingback: Kopi di Indonesia – Blog is My Life

Comments are closed.