Menggiling biji kopi segar dirumah adalah hal yang sangat menyenangkan bagi anda yang sangat cinta kopi. Karena dengan menggiling biji kopi segar di rumah anda tidak hawatir lagi akan kehilangan aroma dan acidity yang ada pada setiap jenis kopi. Selain itu juga anda bisa mencoba berbagai jenis kopi Arabika Nusantara dan anda bisa mencoba berbagai metode manual brewing dengan menggunakan alat pembuat kopi (coffee maker). Tentunya jika anda sudah bisa menggiling kopi di rumah, artinya anda harus tahu juga tingkatan grind size (ukuran hasil gilingan kopi) yang cocok dengan metode penyeduhan kopi (coffee maker) anda. Berikut adalah tips-tips menggiling kopi yang perlu anda ketahui:

1. Jangan pernah melakukan Pre-Grind

Kopi yang sudah digiling menjadi basi lebih cepat daripada bean yang utuh. Inilah sebabnya mengapa Anda harus membeli kopi dalam bentuk bean daripada kopi bubuk agar anda bisa menggilingnya sendiri di rumah tepat sebelum Anda menyeduh kopi. Biji Kopi anda harus dijauhkan dari sinar matahari dan disimpan dalam wadah kedap udara agar kualitas kopinya tidak hilang.

 

 

2. Grind konsistensi

Konsistensi adalah kunci dalam hal penggilingan biji kopi. Konsistensi yang Anda butuhkan untuk ukuran bubuk kopi tergantung pada bagaimana Anda memilih cara menyeduhnya. Konsistensi penggilingan tertentu bekerja paling baik dengan metode menyeduh kopi yang spesifik untuk memberi Anda secangkir kopi terbaik.  Pilih metode yang akan di gunakan, seperti berikut:

3. Measure Your Beans

Penting untuk membiasakan menimbang kopi untuk menakar kopi yang akan anda seduh. Rasio kopi yang baik untuk digunakan adalah 15 gr air berbanding 1 gr kopi.,  menimbang kopi  memastikan Anda agar tidak menggiling kopi lebih dari yang Anda butuhkan.

 

 

4. Memilih Grinder 

Dua metode umum penggilingan biji kopi adalah dengan penggiling burr (sangat disarankan) ATAU penggiling pisau. Sebuah penggiling pisau bekerja seperti blender dengan pisau berputar di bagian bawah wadah. Biasanya penggiling pisau menghasilkan metode penggilingan yang sangat tidak konsisten. Penggiling Burr terdiri dari dua cakram potong, yang diberi nama burr, dan konsistensi gumpalan ditentukan oleh jarak antara burr. Jarak yang kurang jauh antara arus menderu mengarah ke gumpalan yang lebih halus.

 

5. Grinder Otomatis vs. Manual

Penggiling Burr (manual atau otomatis). Keduanya bekerja dengan sangat baik, jadi untuk memutuskan mana yang harus dipilih sesuaikan dengan referensi anda. Penggiling manual jauh lebih murah daripada beberapa penggiling otomatis, penggilng manual sangat praktis untuk dibawa bepergian.

 

Untuk Pemesanan silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :

 

Source : 1

Leave a Reply