TENTANG ISTILAH CITA RASA DALAM COFFEE CUPPING

 

Bagi orang yang awam akan kopi, pastinya menganggap kopi itu sebagai minuman dengan cita rasa yang pahit. Namun rupanya, tiap jenis kopi memiliki ciri khas rasa dan aroma yang berbeda-beda. Indonesia menjadi negara terbesar dengan varietas kopi terbanyak di dunia. Terdapat 20 varietas kopi yang berasal dari ujung barat hingga timur nusantara. Beda daerah asal, beda pula cita rasa kopinya.

Berbicara

soal cita rasa akan kopi, pastinya berhubungan dengan mencicipi kopi. Menurut Q grader, ada beberap aistilah yang harus anda tahu saat akan mencicipi kopi. Q grader adalah pencicip kopi profesional yang diakreditasi oleh CQI yang berbasis di California. Seorang Q Grader bisa membedakan jenis kopi berdasarkan aroma, tekstur, tingkat keasaman, dan lain-lain. Berikut beberapa istilah dalam proses cupping kopi.

  1. Fragrance (bau kopi bubuk kering)

Adalah bau kopi saat masih dalam bentuk bubuk, belum diseduh dengan air panas. fragrance bisa jadi bau apa pun mulai dari buah, rempah, kayu, rumput, sampai tanah.

  1. Aroma (bau sedap)

Berbeda dengan fragrance, aroma adalah bau kopi setelah diseduh dengan air panas. aspek dari aroma yang dapat dinilai melalui tahapan berikut: Mencium bubuk kopi yang berbeda dalam mangkok sebelum di tuang dengan air, mencium aroma saat mengaduk permukaan kopi seduhan, dan mencium aroma kopi saat kopi sudah larut.

  1. Acidity

Acidity sering digambarkan sebagai rasa asam yang enak, atau masam jika tidak enak. Acidity yang baik akan terasa manis seperti rasa buah segar yang langsung terasa saat kopi diseruput atau slurp. Acidity bisa dibagi dalam tiga kategori yakni rendah, medium, dan tinggi.

  1. Aftertaste

After taste adalah lama bertahannya suatu flavour positif (rasa dan aroma) yang berasal dari langit-langit belakang mulut dan bertahan setelah kopi dibuang atau ditelan

  1. Body

Merupakan tekstur yang bergantung pada kekentalan kopi. Biasanya body yang kental mendapat nilai yang tinggi. Namun body yang ringan juga dapat memiliki rasa enak di mulut.

Diatas hanyalah beberapa istilah dalam proses mencicipi kopi (cupping). Jika anda memiliki istilah lainnya, share di kolom komentar yaa.

Terkait pemesanan kopi,  Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai macam kopi arabika : Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera MandhelingArabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Silahkan hubungi via What’s App.

 

 

 

  

Sumber: travel.kompos.com

Leave a Reply

WhatsApp chat