TENTANG KEASAMAN DAN ASAM PADA KOPI: TINGKATAN DAN CARA MEMINIMALISIR RASA ASAM

Grind Size atau ukuran gilingan kopi adalah salah satu faktor penting dalam proses seduh kopi

Sekarang ini kopi menjadi life style kebanyakan orang. Berbagai minuman berbahan dasar kopi banyak diminati oleh semua kalangan. Mulai dari latte, cappuccino, macchiato dan masih banyak yang lainnya. Berbeda dengan single origin

kopi, kebanyakan yang menikmati hanya dikalangan orang dewasa saja. Bagi orang awam, single origin kopi memiliki rasa yang pahi dan asam. Tapi tahukan anda kadar keasaman pada kopi? tingkat keasaman kopi umunya berkisar 5 ph, dimana tingkat keasaman itu masih aman dikonsumsi. Keasaman pada kopi lebih rendah dibandingkan dengan minuman seperti beer, air jeruk dan soda. Saat berbicara mengenai asam dan keasaman pada kopi, tak seperti pembicaraan keasaman pada buah-buahan. Keasaman dan asam kopi berbeda sama seperti notes dan after taste, berikut penjelasan singkat mengenai keasaman dan asam pada kopi.

Acidity / Keasaman

Keasaman atau acidity merupakan salah satu komponen utama dalam menentukan rasa kopi. umumnya keasaman identik dengan buah-buahan. Akan tetapi pada kopi, keasaman adalah catatan rasa (notes) yang ada pada kopi. Mungkin anda pernah mendengar saat para ahli kopi mengatakan “bright” saat menjelaskan rasa pada kopi, maksudnya adalah mereka menggambarkan keasaman yang baik pada jenis kopi tersebut. Jadi keasaman pada kopi bukan tentang biji kopi yang dicecap lalu terasa asam, seperti anda mencicipi jeruk atau mangga. Keasaman di sini lebih merujuk pada “catatan rasa”  yang ada pada kopi tesebut.

Acid / Asam

Ketika masih dalam bentuk green bean, kopi mengandung berbagai jenis asam. Beberapa asam akan menghilang/berkurang   seiring dengan dilakukannya proses sangrai (roasting), dan beberapa asam akan tinggal. Proses sangrai terkait dengan menyeimbangkan antara keasaman, body dan aroma. Asam apa sajakah yang ada pada kopi? Berikut beberapa asam yang terdapat pada kopi:

  1. Asam Klorogenik

Asam ini merupakan antioksidan yang terdapat pada kopi. Asam Klorogenik akan menghilang seiring dengan dilakukannya sangrai (roasting). Semakin dark hasil sangrainya, maka Asam Klorogenik akan semakin menghilang. Selain itu juga dapat merusak notes kopi itu sendiri. Ketika masih dalam bentuk green bean, biji kopi memiliki konsentrasi antiokasidan yang sangat tinggi. Kopi Robusta memiliki lebih banyak kandungan Asam Klorogenik dibandingkan Arabika.

  1. Asam Quinic

Berbeda dengan Asam Klorogenik yang akan semakin menghilang seiring dengan semakin dark-nya hasil sangrai, hal ini justru akan membentuk Asam Quinic. Asam Quinic memegang peranan penting dalam hal rasa kopi. Asam Quinic merupakan asam yang mempengaruhi astringency dari minuman.

Bagaimana cara mengurangi tingkat keasaman pada kopi?

Salah satu yang mempengaruhi tingkat keasaman kopi yaitu kandungan kafein nya. Selain itu, kandungan asam pada kopi seperti asam Klorogenik dan Quinic juga menyumbang peran untuk meningkatkan keasaman kopi. Berikut beberapa tips untuk meminimalisir keasaman pada kopi:

  1. Di industri pangan, proses decaffeinated adalah salah satu cara mengurangi keasaman kopi dengan cara mengurangi kadar kafeinnya. Produk kopinya disebut dengan kopi decaf
  2. Metode lainnya dengan cara cold brew coffee atau menyeduh kopi dengan air dingin. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi keasaman pada kopi.
  3. Cara lainnya untuk menurunkan keasaman kopi, tambahkan air sebanyak-banyaknya pada kopi yang telah diseduh.
  4. Mau cara yang lebih ekstrim untuk mengurangi keasaman kopi? jangan menambahkan gula pada kopi, tapi tambahkan garam. Garam terkenal dengan sifat basa nya sehingga dapat menetralkan keasaman kopi

 

Terkait kopi, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera MandhelingArabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami,

 

 

 @coffeeland_indonesia      coffeeland indonesia

Souce by magycoffee.com

 

Leave a Reply

WhatsApp chat