Salah satu tolak ukur kesuksesan bisnis yang kita jalani adalah keberadaan seorang pelanggan. Pelanggan setia sangatlah penting dalam bisnis, salah satunya untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang serta dapat menekan biaya promosi sebuah pemasaran. Untuk dapat menarik pelanggan setia, tentunya anda harus menyediakan produk dan jasa yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah. Bahkan, tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan konsumen saja, anda juga perlu meningkatkan layanan agar pelanggan yang ada miliki semakin puas. Untuk itu dibutuhkan suatu usaha yang sungguh-sungguh agar pelanggan yang anda miliki merasa puas dan dapat kembali belanja di Coffee shop milik anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa tips agar pelanggan di Coffee Shop milik anda selalu kembali.

  1. Hospitality dan Service

Source

Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa industri food and beverages termasuk kedalam industri hospitality. Maka dari itu, industri food and beverages seperti cafe atau coffee shop harus mengedepankan hospitality dan service yang tinggi. Hospitality harus ditonjolkan ketika sang pelanggan melangkahkan kakinya kedalam hingga meninggalkan coffee shop milik anda dengan rasa puas.

  • Buat Konsumen Merasa Nyaman

Source

Pelanggan yang hendak atau telah masuk ke dalam coffee shop anda, datang karena suatu alasan, sehingga anda atau staff yang bekerja di tempat anda perlu mencari tahu apa yang mereka inginkan serta butuhkan. Beri mereka waktu untuk melihat dan mengamati, kemudian, jelaskan kepada mereka tentang produk yang anda jual ada baiknya mengajukan sedikit pertanyaan pembuka.

Anda harus mengenal pelanggan dan memahami kebutuhan nya, anda dapat membangun sebuah hubungan yang baik dengan mereka. Buatlah pelanggan dapat mempercayai anda, seperti layaknya mereka mempercayai teman-teman mereka sendiri.

  • Memberikan Informasi Produk

Source

Dengan semakin banyaknya cafe yang bermunculan belakangan ini, tentu semakin banyak juga menu-menu spesial yang bermunculan yang ditonjolkan dari masing-masing cafe tersebut.

Mulai dari minuman seasonal dengan nama fancy seperti “Chocolate Kiss Frappucino” hingga minuman kopi klasik yang saking klasiknya anda mungkin belum pernah mendengar jenis minuman itu sebelumnya.

Di sinilah peranan staff untuk memberikan informasi produk yang tepat. Coba anda bayangkan, ketika anda bertanya kepada staff yang sedang berjaga mengenai menu yang akan anda pesan dan mereka tidak dapat menjelaskan secara detil.

  • Estetika Penyajian

Source

Semua orang sangat tertarik melihat sebuah latte art yang bagus digelas kopi mereka. Penyajian makanan dan minuman merupakan aspek yang sangat penting dalam meningkatkan dan menjaga customer customer coffeeshop anda. Penyajian yang menarik juga dapat menjadikan produk coffee shop anda viral di media sosial dan secara tidak langsung akan berdampak positif pada popularitas coffee shop yang anda miliki.

  • Menyelenggarakan Promo-Promo Menarik

Source

Hampir semua orang dari kelas sosial manapun suka dengan promo diskon. Jadi jangan pernah lewatkan untuk menyelenggarakan promo diskon seperti menyebar voucher, kupon, dan sebagainya agar banyak orang tertarik untuk datang ke café anda. Berikan voucher kepada pelanggan anda yang baru pertama kali berkunjung, pelanggan setia, pelanggan yang sedang berulang tahun, hamil, atau yang datang beramai-ramai. Dengan memberikan promo diskon khusus, pelanggan anda tentu akan merasa dihargai dan tak segan-segan untuk datang kembali mengajak teman-temannya.

  • Wifi Gratis

Source

Salah satu layanan coffee shop yang paling banyak diincar adalah wi-fi gratis. Tak sedikit pelanggan yang menghabiskan waktunya di coffee shop sambil membawa pekerjaan dari kantor. Coffee shop juga sering dijadikan tempat untuk meeting atau bertemu klien. Jadi jika ingin coffee shop anda ramai, sediakan fasilitas wi-fi gratis. Coffee shop anda akan dibanjiri oleh pelanggan.

  • Maintain pegawai Anda

Source

Tidak hanya bersikap profesional dengan pelanggan saja, anda juga harus bersikap profesional dengan pegawai. Jika Anda sudah memiliki pegawai, anda juga harus bisa membuat pegawai tersebut nyaman dalam bekerja. Entah itu membuat suasana kerja yang positif atau sosialisasi antar pegawai dengan atasan juga baik. Mengapa demikian? Jika karyawan anda sudah merasa nyaman, maka akan menghasilkan lingkungan coffee shop menjadi positif dan berdampak pada peningatan service karyawan terhadap pelanggan, dan secara otomatis akan meningkatkan profit dari usaha Coffee shop yang anda miliki. Tetapi jika pegawai anda merasa kurang nyaman, maka akan berdampak pada turunnya pelayanan terhadap pelanggan, dan akan membuat citra coffee shop yang anda miliki menjadi jelek.

Source: 1,2.