Bagi anda yang tertarik untuk ikut terjun ke dunia bisnis cafe / coffee shop, tentu anda harus tahu cara menyajikan hidangan yang lezat. Point penting lainnya, anda harus memahami cara mendesain cafe / coffee shop minimalis yang dapat menarik minat konsumen untuk berkunjung. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan pelanggan dan juga daya tarik pada bangunan kafe yang anda kelola:

  1. Menentukan Tema Interior

Dalam merancang desain interior cafe / coffee shop yang tepat, tentunya anda harus menentukan terlebih dahulu tema yang anda ingin angkat. Apakah anda ingin yang bersentuhan dengan nuansa alam? Atau anda menginginkan sesuatu yang berkenaan dengan hobi? Pikirkan dahulu secara matang mengenai tema interior yang tepat bagi anda. Dari sana anda akan dengan mudah menentukan desain yang tepat.

  1. Memilih desain interior yang sesuai dengan tema

Berikutnya bersiap-siaplah untuk memilih desain interior yang mendukung tema cafe anda. Jika anda bingung, carilah beberapa referensi desain di internet. Selain itu konsultasikan kepada arsitek yang anda percaya mengenai desain yang anda inginkan. Jika anda menentukan tema cafe yang berkaitan dengan alam, maka desain cafe anda harus mendukung untuk itu.

Pilihlah desain cafe / coffee shop yang terbuka, lapang, serta langit-langit yang tinggi. Siapkan pula desain bagian ruangan yang kelak akan anda penuhi dengan tanaman hijau dan bunga. Membuat desain kolam ikan di sekeliling area makan atau spot air mancur di tengah ruangan juga patut anda coba. Pengunjung yang datang akan merasa rileks karena seperti berada di tengah alam terbuka.

  1. Pemilihan Furniture Yang Sesuai Dengan Konsep Dan Tema

Pemilihan furniture perlu diperhitungkan dengan konsep dan tema dari kafe ataupun restorannya. Tidak seluruh furniture akan sesuai dengan gaya dari kafe yang diinginkan, maka dari itu pembelian furniture harus diperhitungkan agar tidak membeli barang yang salah. Tidak hanya mengikuti konsep dan tema, furniture juga harus nyaman dan sesuai dengan fungsinya di dalam ruangan. Beberapa orang lebih menyukai dudukan sofa dengan sandaran, maka bisa menjadi pertimbangan untuk membeli furniture tersebut.

Dalam memilih suatu furniture seperti sofa dan meja unik juga perlu dilihat kualitasnya yang efektif untuk suatu ruangan. Penggunaan material yang berkualitas seperti kayu atau metal yang kuat akan menjadi pilihan yang baik. Struktur dari furniture menjadi yang utama. Meskipun artinya memilih furniture dengan kualitas baik akan mengurangi jumlah meja dan kursi di dalam ruangan, maka tetap kualitaslah yang harus diutamakan.

  1. Berani Memadukan Warna

Demi menarik pelanggan setia, bermainlah dengan warna cat dinding cafe / coffee shop anda. Pilih warna – warna cat yang serasi sehingga aura minimalis di ruangan tersebut lebih terpancar. Perpaduan warna cokelat muda, cokelat tua, kemudian ditabrakkan dengan hijau lime akan memberikan suasana yang berbeda. Bisa juga mencoba perpaduan warna lainnya seperti hitam, putih, kemudian ditabrakkan dengan beberapa warna merah. Masih banyak pilihan warna yang cocok untuk menghidupkan cafe / coffee shop minimalis anda. Anda dapat mengecek referensi warna melalui internet.

  1. Pencahayaan

Salah satu faktor yang cukup penting dalam desain ruangan adalah pencahayaan. Pencahayaan akan memberikan suasana di dalam ruangan. Hal ini akan berhubungan juga dengan konsep yang ingin ditampilkan. Selain itu pencahayaan akan memberikan tampilan makanan yang berbeda. Adapun cahaya yang tepat akan memberikan nafsu makan ketika menyantap makanan. Pencahayaan yang baik tidak hanya mengandalkan pencahayaan buatan dari lampu namun juga pencahayaan alami di siang hari.

  1. Bukaan Jendela

Bentuk dan juga frame jendela perlu didesain dengan baik agar cahaya dapat masuk ke dalam ruangan. Pencahayaan yang tepat dan bayang-bayang frame jendela dapat memberikan kesan yang mendalam pada pengunjung. Selain itu juga memberikan kesan positif dan semangat. Pengunjung yang berada di dekat jendela dapat menikmati santapannnya sambil melihat pemandangan di luar bangunan.

Jangan lupakan peran langit-langit atau plafon pada cafe / coffee shop anda. Banyak konsep desain plafon yang dapat anda aplikasikan, antara lain plafon dengan ornament kayu, plafon bening yang menampilkan pemandangan langit, plafon dengan aksen tanaman rambat, plafon yang tinggi, dan masih banyak lagi.

  1. Penempatan Area Ruangan

Di dalam sebuah cafe / coffee shop akan terdapat berbagai macam area ataupun ruang makan. Jika ruang yang diperlukan adalah area makan untuk berkumpul bersama teman dan keluarga maka pastikan ukuran ruang serta furniture di dalamnya sesuai. Tentunya hal ini akan berbeda dengan ruang untuk konsep kafe yang hanya dikunjungi oleh orang-orang sibuk.

Untuk memberikan efek ruangan yang tidak memiliki banyak sekat, menyatukan dapur dengan ruang makan pengunjung juga dapat dicoba. Hilangkan kesan “berat” dengan mengganti dinding dapur dengan kaca bening. Para koki tetap dapat memasak dengan tenang, dan customer dapat melihat para koki professional memasak dan menyajikan makanan tersebut. Customer juga menjadi lebih yakin akan tingkat kebersihan makanan yang akan mereka santap. Selain itu, desain dapur seperti ini akan menambah sisi estetika café yang anda miliki. Memberikan sentuhan kreasi dan imajinasi

Tak dapat dipungkiri bahwa tips-tips di atas saling berkesinambungan satu sama lain. Café minimalis dengan desain yang nyaman akan membuat para pengunjung betah. Tak jarang banyak pengunjung akan datang kembali lalu menjadi pelanggan setia anda. Jadi apakah anda sudah menentukan desain cafe / coffee shop yang cocok? Tema desain apa yang akan anda angkat?

Jika anda ingin memiliki cafe / coffee shop dengan konsep dan brand anda sendiri, Coffeeland Indonesia dapat membantu mewujudkannya. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1,

Leave a Reply