TIPS MENYANGRAI BIJI KOPI DIRUMAH TANPA MENGGUNAKAN MESIN  SANGRAI KOPI

Ada kepuasan yang sulit diukur jika bisa menikmati kopi dari hasil roasting yang dilakukan sendiri. Rasanya tak sia-sia jerih payah walau harus mengeluarkan tenaga ekstra demi mendapatkan kopi yang benar-benar fresh.

Pada dasarnya proses sangrai (roasting) adalah proses mengeluarkan air dalam kopi, mengeringkan dan mengembangkan bijinya,  mengurangi beratnya hingga 20%, serta yang paling penting adalah mengubah unsur gula menjadi CO2 sebagai alat transport untuk memberikan aroma pada kopi tersebut. Wanginya biji kopi seperti roti yang dipanggang saat terjadi proses endothermic yakni kadar air mulai berkurang adalah salah satu godaan untuk mencoba sangrai kopi sendiri, dengan wajan.

Nah masalahnya, bagaimana cara terbaik untuk melihat apakah kopi yang di sangrai sudah memenuhi kriteria ? Di abad ke-19, para roaster harus mengandalkan penciumannya dari aroma asap yang dihasilkan. Sekarang sudah ada pengkasifikasian roasting kopi dengan menggunakan gradasi warna (agatron) yang alatnya digunakan oleh para roaster profesional dalam menilai kopi hasil masakannya.

Mesin sangrai kopi menjadi penentu proses kimia panas yang diuraikan di atas, menyangkut pada kestabilan  suhu ruang sangrai dan proses perpindahan panas ke dalam biji kopi. Bila proses penyangraian biji kopi berlangsung terlalu cepat, biasanya bagian terluar dari biji akan gosong atau berwarna kehitaman carbon. Namun bila penyangraian terlalu lama, biji kopi juga akan terasa pahit.

Kita dapat menyangrai menggunakan wajan tembikar yang dapat dibeli di pasar ataupun wajan teflon. Biji kopi yang disangrai dengan wajan tembikar bisa bercitarasa sangat enak, bila dilakukan tidak terlalu banyak dan disangrai rata.

Berikut adalah tips untuk anda yang ingin mencoba menyangrai biji kopi di rumah tanpa menggunakan mesin sangrai kopi:

  1. Membeli Biji Kopi Mentah

Untuk menyangrai biji kopi di rumah, anda dapay mencari informasi tempat membeli biji kopi mentah dalam jumlah kecil. Sekitar 500 gram sudah cukup untuk anda mulai menyangrai biji kopi di dapur rumah.

  1. Memilih Metode Sangrai

Teknik dalam menyangrai biji kopi banyak metodenya, memilih alat yang digunakan, memilih sumber panas juga perlu dipertimbangkan. Jika anda memilih menggunakan kompor, oven, bisa jadi waktu menyangrai akan membutuhkan waktu yang lama.

  1. Menentukan Tingkatan Sangrai

Sebelum menentukan tingkatan menyangrai biji kopi, anda juga harus mempelajari bagaimana tingkatan sangrai berpengaruh terhadap profil rasa kopi. Apakah memilih dark atau light, untuk inginkan sajian kopi yang kaya, ada baiknya sangrai pada tingkatan light, namun ini tergantung biji kopinya juga. Untuk roasting dalam skala kecil, waktu yang diperlukan biasanya sekitar 10 – 15 menit.

  1. Fase Sangrai

Tidak jauh berbeda pada tahap sangrai menggunakan mesin sangrai, namun untuk menyangrai tanpa emnggunakan mesin sangrai kopiu, kemudahannya bisa mengontrol panas berlebih. Untuk menyangrai 50gr, jika memulainya di suhu 250 derajat, saat warna biji kopi mulai berangsur berubah kecoklatan, ada baiknya menurunkan suhu dan tetap menjaga panas menyeluruh ke biji kopi secara merata. Akan terlihat jelas fase sangrai, yang dimulai dengan drying, yellowing, dan first crack.

  1. Resting

Pada tahap ini, biji kopi setelah sangrai didiamkan di wadah untuk menormalkan suhu biji kopi setelah disangrai. Ada yang hanya mendiamkannya saja, ada juga yang mendinginkan suhu dengan fan.

  1. Menikmati Kopi yang Baru Disangrai

Ini yang paling penting, anda akan merasakan ada yang beda, kopi yang disajikan setelah baru disangrai dibandingkan beberapa hari setelah sangrai. Untuk merasakan perbedaannya coba seduh biji kopi yang baru beberapa menit disangrai, dengan beberapa jam setelah disangrai, ataupun setelah beberapa hari, manakah yang lebih nikmat?

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan  Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

Leave a Reply